7 Penyebab Utama Menoragia, Menstruasi dengan Darah Berlebihan

menstruasi-berlebihan-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap bulan atau siklusnya, wanita akan mengalami menstruasi selama beberapa hari. Menstruasi ini muncul karena ada peluruhan lapisan terluar dari rahim yang tidak dijadikan tempat implantasi janin. Saat peluruhan terjadi, darah akan keluar dalam jumlah banyak meski dalam kategori normal.

Beberapa wanita yang mengalami menstruasi biasa juga mengalami pengeluaran darah yang sedikit dan terhambat. Selain itu ada juga wanita yang bisa mengalami menstruasi dengan darah yang dikeluarkan terlalu banyak sehingga memengaruhi kesehatan seperti terkena anemia.

Nah, kondisi menstruasi dengan darah yang keluar berlebihan ini disebut menoragia. Kondisi ini bisa muncul pada wanita karena ada beberapa hal di bawah ini.

  1. Mioma

Mioma atau uterine fibroid adalah salah satu jenis tumor yang tidak bersifat kanker. Tumor ini tumbuh di jaringan otot dari rahim baik di permukaan luar, tengah, hingga dalam. Mioma biasanya tumbuh karena ada rangsangan dari estrogen yang berlebihan sehingga terbentuk gumpalan mulai dari yang kecil hingga besar yang memiliki pembuluh darah sendiri.

Mioma yang ada di luar dan berhadapan langsung dengan rahim akan menyebabkan masalah saat menstruasi muncul. Perdarahan yang muncul akan lebih banyak dan menimbulkan rasa sakit dan lemas.

  1. Polip di serviks

Polip adalah benjolan yang hampir mirip dengan mioma meski secara struktur berbeda. Polip ini bisa muncul di serviks dan menyebabkan perdarahan saat wanita mengalami menstruasi. Selain itu, polip yang besar juga bisa menghalangi sperma masuk serta sakit saat wanita melakukan seks.

  1. Polip di endometrium

Polip ini juga menyebabkan rasa sakit dan juga perdarahan yang hebat saat menstruasi, Polip di endometrium tidak sama dengan endometriosis dan juga mioma meski lokasi tumbuhnya sama. Biasanya polip tidak sampai membutuhkan hiserektomi untuk mengatasi efek terburuknya.

  1. Gangguan hormon

Perubahan hormon yang cukup besar saat puber dan juga mendekati masa menopause menyebabkan rahim mengalami perdarahan yang hebat. Kondisi ini wajar terjadi dan tidak akan menyebabkan masalah yang signifikan. Munculnya perdarahan yang berlebihan biasanya bisa diatasi dengan penggunaan kontrasepsi hormonal hingga kondisi tubuh akhirnya membaik.

  1. Kanker serviks

Kanker serviks adalah salah satu penyebab utama dari perdarahan hebat yang muncul pada wanita saat menstruasi. Kanker ini menyebabkan area di serviks meradang hebat, kondisi ini berakibat pada area di sekitar rahim sehingga saat endometrium luruh akan ada banyak darah yang akhirnya keluar.

Kanker serviks bisa terjadi pada wanita karena infeksi HPV. Oleh karena itu, dalam periode tertentu, prosedur Pap Smear harus dilakukan untuk pengecekan kanker sejak dini.

  1. Kanker endometrium

Kanker endometrium terjadi pada lapisan bagian luar rahim. Karena terjadi kanker, area ini akan ditumbuhi sel karsinogenik yang banyak dan tebal. Akhirnya saat menstruasi tiba, perdarahan yang terjadi akan semakin besar. Beberapa wanita sampai harus menggunakan pembalut berkali-kali agar tidak tembus.

  1. Radang pada panggul

Radang panggul menjadi penyebab terakhir mengapa wanita mengalami perdarahan hebat saat menstruasi. Kondisi ini terjadi karena wanita terkena infeksi penyakit menular seksual. Karena pengobatan yang dilakukan pada kondisi ini terlambat, ada kemungkinan bakteri atau virus terus berkembang dan menyebar ke area panggul hingga sistem reproduksi.

Inilah beberapa hal yang menyebabkan kondisi menoragia. Nah, dari beberapa penyebab di atas, kira-kira mana yang paling sering terjadi pada wanita? Semoga setelah mengetahui hal di atas, kita bisa lebih memperhatikan masalah kesehatan vagina baik bagian vulva atau internalnya.