7 Penyebab Utama Tubuh Sering Merasa Dingin Berlebihan

sering-kedinginan-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com -Tubuh memiliki sensor atau saraf yang bisa merasakan rangsangan dari luar seperti sentuhan dan juga suhu. Saat udara panas kita akan merasa gerah hingga berkeringat. Selain itu saat suhu turun karena hujan, malam, atau mungkin turun salju kita akan mengalami kedinginan sehingga butuh selimut atau pakaian yang tebal.

Rasa dingin yang dialami oleh tubuh adalah hal wajar Apalagi berada di situasi cuaca yang buruk. Namun, kalau tidak ada angin dan hujan mendadak kedinginan dan terjadi berkali-kali kemungkinan besar sedang terjadi masalah pada tubuh. Berikut beberapa penyebab utama Anda sering kedinginan padahal udara sedang panas.

Penyebab tubuh sering merasakan dingin

Kondisi dingin yang mendadak muncul pada tubuh padahal udara di sekitar sedang hangat adalah hal yang tidak normal. Kondisi ini dipicu oleh beberapa kondisi di bawah ini.

  1. Anemia

Anemia menyebabkan seseorang sering mengalami perasaan dingin meski sedang berada di luar ruangan dan siang hari. Kondisi anemia ini bisa terjadi karena banyak hal seperti kekurangan sel darah merah yang sehat serta mengalami beberapa kejadian seperti kecelakaan yang menyebabkan perdarahan besar.

Anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi sehingga sel darah merah tidak bisa diproduksi dalam jumlah banyak. Selain masalah zat besi, kondisi anemia juga bisa disebabkan oleh diet yang buruk, inflamasi pada usus, dan kehamilan.

  1. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah salah satu gangguan pada tubuh yang menyebabkan hormon tiroid tidak dihasilkan dalam jumlah banyak. Dampaknya tubuh akan susah sekali mengalami metabolisme. Sel di dalam tubuh akan jarang bekerja sehingga energi yang diterima oleh tubuh akan sangat rendah.

Akibat energi yang diterima sangat rendah dan seseorang mengalami perasaan dingin yang berlebihan. Perasaan dingin akan terus terjadi karena metabolisme yang merupakan proses pembakaran tidak terjadi. Seseorang dengan kondisi hipotiroidisme ini mudah mengalami depresi, kelelahan, dan mudah mengalami kenaikan berat badan.

  1. Aterosklerosis

Penyakit ini muncul karena ada penyempitan pembuluh darah akibat plak yang muncul dan mengeras. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tingginya LDL di dalam darah dan tidak segera diatasi. Seseorang dengan kondisi ini akan mengalami gangguan peredaran darah sehingga di beberapa bagian tubuh akan mengalami perasaan dingin yang berlebihan.

Selain perasaan dingin di beberapa bagian tubuh, seseorang juga akan mengalami nyeri atau kesemutan di beberapa bagian tubuh. Luka di sekitar kaki dan tangan akan susah sembuh. Selanjutnya akan ada masalah pertumbuhan pada kaki dan juga harinya akibat suplai darah yang sangat rendah.

  1. Penyakit Raynaud’s

Penyakit ini adalah gangguan pada pembuluh darah yang menyebabkan gangguan peredaran di dalam tubuh. Biasanya penyakit langka ini muncul di kaki atau tangan. Saat gangguan muncul, kaki dan tangan khususnya bagian jari akan terasa sangat dingin dan kadang warnanya jadi kebiruan.

Hingga saat ini penyebab utama dari penyakit ini belum diketahui. Namun, secara umum, ada beberapa orang yang mudah mengalami penyakit ini. Pertama adalah wanita, selanjutnya seseorang dengan usia di atas 30 tahun, hidup di tempat dengan iklim dingin seperti pegunungan, dan memiliki riwayat dari keluarga.

  1. Diabetes

Seseorang dengan kondisi diabetes yang tidak terawat dengan baik akan mengalami gangguan pada sirkulasi darah dan juga ginjal. Dua gangguan ini menyebabkan tubuh sering sekali mengalami dingin berlebihan padahal pada kondisi udara yang panas. Selain dingin yang berlebihan, kondisi diabetes juga bisa menyebabkan rusaknya saraf pada beberapa bagian tubuh.

Seseorang dengan kondisi diabetes juga akan merasakan beberapa tanda seperti sering berkemih, selalu merasa haus dan lapar secara berlebihan, lelah, pandangan menurun, dan luka terbuka di tubuh akan susah sembuh. Kalau Anda mengalami kondisi ini segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan.

  1. Anoreksia

Anoreksia adalah gangguan mental yang menyebabkan seseorang sangat takut mengalami kenaikan berat badan meski tubuhnya sudah kurus. Akhirnya mereka membatasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Seseorang dengan kondisi anoreksia biasanya akan mudah mengalami penurunan berat badan, mudah lelah, pusing berlebihan, sering mengalami sembelit, tekanan darah rendah, dan sering mengalami dehidrasi.

  1. Berat badan terlalu rendah

Hal pertama yang bisa menyebabkan masalah dingin pada tubuh yang terjadi hampir setiap saat adalah berat badan yang terlalu rendah. Seseorang dikatakan memiliki berat badan yang terlalu rendah kalau BMI kurang dari 18,5. Seseorang dengan berat badan yang sangat rendah biasanya tidak memiliki lemak yang banyak pada tubuhnya.

Sementara itu, lemak akan membuat seseorang menjadi lebih hangat. Kalau lemak hanya sedikit tubuh akan mudah kedinginan dan menyebabkan tubuh butuh selimut dan jaket setiap saat. Selain masalah dingin yang berlebihan, kondisi kurus berlebihan juga bisa membuat seseorang jadi mandul hingga gizi buruk.

Cara mengatasi tubuh yang sering kedinginan

Penanganan kondisi ini disesuaikan dengan penyebabnya terlebih dahulu. Kalau anemia mungkin harus diberi suplemen penambah darah dan mengganti pola makan yang buruk. Masalah tiroid bisa dibantu dengan melakukan terapi hormon. Selanjutnya masalah penebalan pada pembuluh darah harus diatasi dengan operasi dan mengubah diet.

Diabetes bisa diatasi dengan mengatur gula darah di dalam tubuh agar tidak berlebihan dan tinggi. Terakhir, anoreksia bisa diatasi dengan mengubah pola makan dan memperbaiki pola pikir.

Inilah beberapa hal yang membuat Anda sering sekali mengalami kedinginan. Nah, dari beberapa penyebab di atas, kira-kira mana saja yang sering Anda alami? Semoga setelah mengetahui hal di atas Anda bisa segera menanganinya dan tubuh tidak terus tersiksa dengan rasa dingin yang berlebihan.