7 Penyebab Tubuh Lesu Seharian. Waspada Diabetes!

penyebab-badan-lemas-doktersehat

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku mengalami sensasi lesu seharian. Meskipun sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup dan makan dengan teratur, mereka merasa tubuh kurang berenergi, susah berkonsentrasi, dan bahkan mengalami gangguan suasana hati. Sebenarnya, apa penyebab dari kondisi lemah dan lesu seharian ini?

Berbagai penyebab tubuh lesu seharian

Meski terlihat sebagai hal yang wajar, pakar kesehatan menyebut lesu seharian, apalagi jika hal ini sering terjadi sebagai tanda dari adanya masalah kesehatan yang sebaiknya harus diperiksakan ke dokter.

Berikut adalah berbagai macam penyebab tubuh lesu seharian yang wajib untuk diwaspadai.

  1. Diabetes

Pakar kesehatan menyebut tubuh yang lesu dan kurang berenergi hingga membuat kita cenderung mengantuk bisa jadi adalah tanda dari diabetes. Hal ini disebabkan oleh penyakit ini yang bisa membuat tubuh kesulitan untuk mengolah gula darah menjadi energi akibat tidak diproduksinya hormon insulin dengan cukup. Tanpa adanya sumber energi, tubuh tentu akan mudah lesu seharian, bukan?

Jika kita sering mengalaminya, apalagi hingga membuat tubuh sangat mengantuk dan ingin tidur di jam-jam sebelum makan siang, sebaiknya segera memeriksakan kondisi gula darah untuk memastikan apakah penyebabnya adalah diabetes atau tidak.

  1. Anemia

Masalah kesehatan lain yang bisa menyebabkan gejala tubuh yang lemas dan lesu seharian adalah anemia. Penyakit yang sering disebut sebagai kurang darah ini sebenarnya adalah kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah. Beberapa gejalanya adalah badan yang lemas, mudah lelah, mengantuk seharian, wajah yang terlihat pucat, dan kurang berkonsentrasi.

Selain mengonsumsi suplemen, perbaikan pola makan biasanya bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini.

  1. Masalah pada tiroid

Masalah pada kelenjar tiroid yang membuat jumlah tiroid berlebihan atau kurang dari normal ternyata juga bisa menyebabkan gejala lesu dan lemas seharian. Kita harus mewaspadai gejala lain dari masalah kesehatan ini seperti keringat berlebihan, gangguan pencernaan, dan kecenderungan untuk mudah mengantuk meski sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup.

  1. Depresi

Ternyata, gangguan kesehatan psikis juga bisa membuat kita lemah dan lesu seharian. Jika kita mengalaminya akibat berbagai masalah kehidupan, maka kita akan mengalami gejala-gejala seperti malas beranjak dari tempat tidur, gangguan tidur, merasa sedih dengan berlebihan, hingga meningkatnya keinginan untuk mengalami bunuh diri, bisa jadi kita memang mengalami depresi dan harus meminta bantuak dokter atau psikolog untuk mengalaminya.

Jika kondisi ini dibiarkan, tak hanya akan membuat masalah kesehatan mental semakin memburuk, namun juga akan memicu datangnya peradangan dan masalah kesehatan lain yang jauh lebih serius.

  1. Sleep apnea

Sleep apnea atau henti napas saat tidur sering dianggap sebagai masalah mendengkur. Padahal, masalah kesehatan ini jauh lebih parah. Mereka yang mengalaminya cenderung mudah terbangun saat tidur malam sehingga akhirnya mengalami masalah kurang tidur. Hal inilah yang kemudian menyebabkan sensasi tubuh yang lesu dan lemah seharian.

  1. Gangguan pada jantung

Jangan salah, bisa jadi tubuh yang lesu dan lemah seharian adalah tanda dari masalah pada jantung. Jika jantung semakin melemah dan tidak mampu memompa darah dengan normal, maka akan ada banyak organ atau jaringan tubuh yang tidak mendapatkan darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen. Sebagai contoh, jika yang kekurangan darah adalah otak, maka kita pun akan mudah mengantuk, sulit berpikir, dan lesu seharian.

  1. Mengalami infeksi

Beberapa jenis infeksi yang disebabkan oleh virus Epstein-barr atau yang memicu penyakit lyme ternyata bisa memicu masalah lesu dan lemah berlebihan sehingga membuat kita tidak bisa beraktivitas dengan normal.