Terbit: 1 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat kita sedang berada dalam kondisi emosional seperti terharu atau tersentuh dengan tindakan seseorang, tubuh akan mengalami sensasi merinding dan kita seperti merasakan sesak pada pernafasan kita. Sebenarnya, apa penyebab dari hal ini?

Penyebab Tubuh Bisa Merinding Saat Sedang Emosional

Dikutip dari Star 2, kondisi ini sebenarnya juga terjadi saat kita sedang terpapar suhu udara dingin. Paparan suhu udara ini akan membuat tubuh akan melakukan pengaturan kembali pada pelepasan panas tubuh. Caranya adalah dengan membuat otot-otot berukuran kecil dekat dengan kulit berkontraksi dan akhirnya membuat bulu-bulu berdiri. Kondisi ini membuat pembuluh darah mengerut dan akhirnya menahan panas tubuh untuk tidak mudah keluar.

Proses yang sama ternyata juga terjadi jika kita berada dalam kondisi emosi tertentu. Meskipun kita sedang berada dalam kondisi bahagia atau terharu, tubuh ternyata akan mengalami kondisi yang memicu otot menjadi lebih tegang dan akhirnya kita pun akan merasakan sensasi seperti merinding atau pernafasan menjadi sesak.

Meskipun terlihat sebagai hal yang tidak biasa, dalam realitanya munculnya sensasi merinding ini juga bisa membuat kesehatan mental kita akan terasa jauh lebih nyaman atau lebih baik. Melihat adanya fakta ini, tak perlu khawatir atau keheranan saat kita merasakan sensasi ini saat berada dalam kondisi emosi tertentu.

Pakar kesehatan Ulrike Blume Peytavi dari bagian Dermatology, Venereology, dan Allergology dari Berlin’s Charite Hospital, Jerman, menyebutkan bahwa sensasi merinding saat kita sedang mengalami emosi tertentu ini juga akan membuat tubuh terasa jauh lebih hangat dan nyaman dari biasanya. Karena alasan inilah kita seperti bisa menikmatinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Kalau Sobat Sehat pernah tidak merasakan sensasi seperti merinding ini tatkala sedang dalam kondisi emosi tertentu?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi