Tidak Haus tapi Tenggorokan Terasa kering? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Doktersehat - Radang Tenggorokan
Photo Credit: Flickr.com/medkumo digital

DokterSehat.Com– Umumnya, tenggorokan kering dikarenakan sedang haus akibat melakukan aktivitas ataupun karena cuaca yang cukup panas. Sehingga Anda hanya perlu minum air putih yang banyak, lalu tenggorokan kering dan rasa haus tersebut akan hilang.

Namun, pernahkah Anda mengalami tenggorokan kering padahal tidak sedang haus?

Hal tersebut bisa saja menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan. Walau demikian, Anda harus mencari tahu penyebab lain dari tenggorokan kering agar Anda bisa segra mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab tenggorokan kering selain rasa haus, diantaranya:

1. Flu

Penyebab utama mengapa tenggorokan Anda kering adalah flu. Sebab, ketika Anda sedang mengalami flu, maka akan menimbulkan beberapa gejala, salah satunya adalah tengorokan kering dan gatal. Biasanya hal tersebut terjadi akibat virus yang juga menyerang tenggorokan Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu segera mengatasi masalah flu Anda terlebih dahulu dengan cara mengonsumsi obat resep dokter ataupun obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami.

2. Tidur dengan Mulut Terbuka

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan mulut terbuka, termasuk Anda. Tidur dengan posisi tersebut memang tanpa disadari dan ternyata bisa membuat tenggorokan terasa kering. Saat Anda terbangun dari tidur, tenggorokan Anda mulai terasa kering. Hal tersebut dikarenakan selama semalaman udara di luar telah masuk ke dalam mutuk dan mengeringkan ludah di mulut.

3. Dehidrasi

Kurangnya konsumsi cairan, terutama air putih bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Akibat dari dehidrasi tersebut, tenggorokan mulai terasa kering serta sedikit terasa sakit. Sebab, ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh tidak memproduksi jumlah normal saliva secara teratur seperti biasanya sehingga menyebabkan tenggorokan menjadi kering.

4. Alergi

Penyebab tenggorokan terasa kering yang terakhir adalah alergi. Alergi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti alergi debu, polusi, asap kendaraan, dingin, dan masih banyak lainnya. Alergi bisa menyebabkan tenggorokan terasa kering karena adanya reaksi berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat yang biasanya tidak berbahaya.