7 Penyebab Tangan Bengkak dan Cara Alami untuk Meredakannya

tangan-bengkak-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mengalami bengkak pada tangan yang mendadak muncul saat pagi hari atau setelah melakukan sesuatu? Bengkak yang terjadi pada tangan kerap membuat Anda merasa tidak nyaman karena rasa nyeri terkadang muncul. Selain itu, rasa nyeri juga membuat kita susah sekali menggunakan tangan dengan baik. Nah, kira-kira apa saja yang menyebabkan tangan menjadi bengkak?

Penyebab bengkak pada tangan

Bengkak pada tangan bisa disebabkan oleh beberapa masalah sederhana atau berat. Nah, untuk mengetahui masalah apa saja yang memicunya, simak beberapa ulasan di bawah ini dengan saksama.

  1. Saat pagi hari

Tidur di malam hari dengan posisi yang tidak nyaman akan membuat tubuh mengalami penumpukan cairan yang berlebihan. Penumpukan cairan ini biasanya terjadi di tangan dan kaki. Kalau Anda mengalaminya di pagi hari dan terasa tidak nyaman, segera melakukan peregangan dengan perlahan sampai aliran darah di dalam tubuh berjalan dengan lancar.

Biasanya setelah 10-15 menit, pembengkakan di tangan tidak akan terjadi lagi. Anda juga bisa menggerakkan tangan dengan baik untuk melakukan aktivitas pagi seperti mandi, sarapan, lalu berangkat kerja.

  1. Setelah olahraga

Saat berolahraga dengan intens, tubuh akan menghangat dan metabolisme mengalami peningkatan. Kondisi ini menyebabkan tubuh jadi berusaha mendinginkan diri dan terus berkeringat. Meski tidak semua orang mengalaminya, kadang di bagian tangan terasa sangat nyeri dan membengkak.

Biasanya kondisi tubuh akan membaik dengan sendirinya setelah melakukan pendinginan. Bengkak yang terjadi di tangan tidak akan terjadi lagi dan Anda bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

  1. Saat cuaca sedang panas

Saat udara di sekitar Anda sangat panas, pembuluh darah akan semakin meregang. Darah di seluruh tubuh akan dikirim ke area kulit termasuk di tangan untuk mendinginkan tubuh. Apa yang terjadi pada darah ini menyebabkan tangan jadi membengkak dan terasa tidak nyaman.

Kalau Anda sering mengalami hal ini di udara yang sangat panas, ada baiknya untuk berada di ruangan yang dingin dan menggunakan AC. Selain itu Anda juga bisa mandi dengan air dingin untuk menurunkan suhu dari tubuh.

  1. Ketika hamil

Saat sedang hamil, jumlah darah di dalam tubuh wanita akan meningkat cukup tajam. Peningkatan ini menyebabkan wanita sering mengalami bengkak di beberapa bagian tubuhnya termasuk di tangan. Kondisi ini menyebabkan mereka sering merasa tidak nyaman. Kondisi yang sering disebut edema ini biasanya akan membaik kalau wanita bisa sedikit aktif.

  1. Memiliki penyakit ginjal

Ginjal berfungsi untuk menyaring air dan sisa metabolisme di dalam tubuh lalu membuangnya dalam bentuk urine. Kalau ginjal mengalami gangguan, jumlah cairan di dalam tubuh tidak akan mengalami penurunan, dampaknya Anda akan mudah sekali mengalami pembengkakan kaki dan tangan. Kondisi ini bisa sering terjadi dan pembengkakan susah sekali hilang.

  1. Terlalu banyak garam di rumah

Mengonsumsi terlalu banyak garam sangat berbahaya untuk tubuh. Anda yang mengalami masalah pada tekanan darah tinggi bisa kambuh kalau garam di dalam tubuh terus meningkat. Garam yang berlebih juga akan mengikat air. Dampaknya tubuh akan mengalami pembengkakan hampir di seluruh tubuh termasuk tangan.

  1. Mengalami artristis

Artristis menyebabkan kaki dan tangan mengalami masalah yang cukup serius. Sendi pada tubuh akan mengalami kaku lebih dari 1 jam saat pagi hari. Kondisi ini biasanya sering muncul selama 3 hari disertai pembengkakan. Kalau tangan Anda terus membengkak selama lebih dari satu bulan, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Cara alami mengatasi bengkak pada tangan

Bengkak pada tangan biasanya muncul karena ada penumpukan cairan di tangan. Penumpukan ini membuat tangan menjadi terus membesar dan kadang terasa tidak nyaman. Kalau Anda ingin mengatasi masalah ini secara alami, yang bisa dilakukan adalah dengan membuat penumpukan cairannya menurun.

Kompres dengan air hangat atau dingin bisa dilakukan Air yang panas atau hangat akan membuat otot di tangan menjadi lebih relaks. Kalau otot menjadi relaks, pembuluh darah akan berjalan dengan baik dan meredakan penumpukan cairan yang berlebihan di tangan dan sekitarnya.

Selanjutnya kalau menggunakan air dingin, pembengkakan akan mengecil dengan sendiri dan rasa nyerinya akan mereda. Anda bisa menggunakan kain yang di dalamnya diberi es atau merendam tangan ke dalam air yang sudah diberi es selama beberapa detik lalu mengangkatnya kembali. Kalau Anda tidak tahan gunakan botol lalu tempelkan di tangan.

Pengompresan dilakukan dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dan juga rendah. Selain itu, pengaplikasiannya juga maksimal 20 menit saja. Kalau terlalu lama justru membuat kulit tangan menjadi terluka.

Kalau Anda mengalami bengkak di tubuh karena makanan seperti terlalu banyak garam, ada baiknya untuk membatasi asupan garam di dalam tubuh. Kurangi camilan atau makanan kemasan dan perbanyak makanan dengan kandungan potasium seperti pisan.

Minum air secara cukup setiap harinya. Pastikan tubuh mendapatkan suplai air putih sebanyak 6-8 gelas air setiap harinya. Kalau Anda bisa melakukan ini, tubuh akan cenderung dingin dan darah tidak perlu terkonsentrasi di beberapa titik yang terlalu panas.

Sebisa mungkin untuk aktif melakukan aktivitas setiap harinya. Anda wajib berolahraga sesuai dengan kemampuan. Olahraga yang dilakukan tidak harus sesuatu yang berat. Olahraga yang dilakukan bisa dalam bentuk jalan kaki atau jogging ringan.

Bengkak yang terjadi pada tangan bisa terjadi karena banyak hal mulai dari penyakit biasa hingga penyakit yang berbahaya. Kalau Anda sering mengalami kondisi ini, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, Apalagi kalau tubuh semakin tidak nyaman dan produktivitas kerja yang Anda miliki jadi mengalami penurunan.