Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat hamil, berat badan ibu hamil merupakan angka yang penting untuk diperhatikan. Kenaikan berat badan yang berlebihan atau terlalu sedikit dapat memengaruhi kondisi ibu dan janin, bahkan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur hingga berat badan lahir rendah pada bayi. Namun ada kalanya ibu hamil mengalami kesulitan meningkatkan berat badan karena beberapa kondisi. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Penyebab Susah Menaikkan Berat Badan Saat Hamil

Penyebab berat badan ibu hamil sulit naik

Beberapa penyebab berat badan ibu hamil sulit naik di antaranya adalah kondisi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah berlebihan. Mual dan muntah merupakan hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Namun kadang ibu hamil mengalami mual dan muntah berlebihan atau yang disebut dengan hiperemesis gravidarum. Kondisi ini juga sering membuat ibu hamil sulit menaikkan berat badan.

Selain mual dan muntah, ibu hamil juga sulit menaikkan berat badan jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan bagi ibu hamil perlu diperhatikan kandungan nutrisinya sehingga ibu dan janin mendapat nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin.

Kondisi ibu hamil yang stres juga dapat menyebabkan berat badan susah naik. Ada banyak faktor penyebab ibu hamil stres mulai dari perubahan hormon, panik menghadapi kehamilan, dan masalah yang dihadapi baik di rumah maupun di lingkungan pekerjaan.

Tips menaikkan berat badan saat hamil

Bagi ibu hamil yang perlu menaikkan berat bdan saat hamil namun masih belum berhasil, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:
1. Mengonsumsi sayuran dan buah
2. Mengonsumsi makanan yang kaya lemak seperti kacang, ikan, alpukat dan minyak zaitun
3. Perbanyak makanan kaya protein
4. Perbanyak minum susu
Untuk mengatur pola makan yang baik selama hamil, Anda dapat konsultasi dengan dokter kandungan atau ahli gizi. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang tidak sehat seperti junk food dan menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol untuk menjaga kesehatan selama kehamilan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi