Terbit: 8 Mei 2018 | Diperbarui: 9 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mendengkur adalah sebuah reaksi bergetarnya tenggorokan selama tidur. Bergetarnya tenggorokan tersebut akan menimbulkan suara yang yang terbilang cukup mengganggu orang lain. Biasanya, dengkuran terjadi apabila aliran udara pada hidung dan mulut terhambat.

Awas, Sering Mendengkur Menandakan Seseorang Mengidap 4 Penyakit ini!

Kondisi seperti di atas membuat banyak yang menyimpulkan bahwa mendengkur adalah gangguan napas saat tidur. Banyak juga yang beranggapan bahwa mendengkur adalah reaksi alami dan wajar dialami oleh setiap orang, terlebih seseorang tersebut sedang dalam keadaan lelah.

Faktanya, beberapa pakar kesehatan sudah mengatakan bahwa mendengkur adalah sebuah reaksi tubuh. Mendengkur merupakan salah satu isyarat bahwa seseorang sedang dalam keadaan tak sehat.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh profesor dari Thomas University, seperti yang dikutip dari laman EverydayHealth, mendengkur adalah pertanda dan sinyal darurat bahwa seseorang sedang mengidap suatu penyakit.

Setidaknya ada 4 penyakit yang harus diwaspadai ketika seseorang selalu mendengkur dalam setiap tidurnya. Penyakit tersebut antara lain:

1. Aritmia

Aritmia adalah sebuah penyakit atau gangguan pada detak jantung seseorang. Biasanya, orang penderita aritmia memiliki ritme atau irama detak jantung yang tidak normal dan tidak teratur. Nah, aritmia sendiri bisa menyebabkan orang menjadi mendengkur ketika sedang tidur.

2. Lambung

Penyakit lambung atau GERD adalah sebuah penyakit yang terbilang cukup ngeri. GERD sendiri dikarenakan tingkat keasaman atau gas di lambung terlalu berlebihan. Oleh karena itu, ketika orang menderita GERD, maka akan sering mendengkur. Ini disebabkan oleh terjadinya penumpukan gas yang menghambat pernapasan.

3. Stroke

Berdasarkan hasil penelitian, orang yang mendengkur lebih tinggi risiko terkena stroke. Hal itu disebabkan terjadinya kesalahan dengan pembuluh arteri yang letaknya di leher. Jadi, aliran darah pada area kerongkongan tidak stabil dan akhirnya menimbulkan dengkuran ketika sedang tidur.

4. Stres

Stres adalah salah satu pemicu datangnya dengkuran ketika tidur. Seseorang yang tidak bisa mengelola stres dengan baik akan mengalami sesak napas dan gangguan hormon lainnya yang bisa menyebabkan datangnya dengkuran. Kelola stres dengan baik karena jika dibiarkan, efeknya akan berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian saat tidur.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi