7 Penyebab Utama Sering Terbangun dan Kencing di Tengah Malam

buang-air-kecil-malam-hari-doktersehat

DokterSehat.Com – Gangguan tidur yang dialami oleh pria dan wanita ada banyak. Gangguan pertama yang sering terjadi adalah insomnia atau tidak bisa tidur di tengah malam. Selanjutnya ada gangguan tidur berupa gelisah dan sering mimpi buruk. Terakhir, penyebab utama gangguan dari tidur adalah sering terbangun tengah malam untuk kencing.

Ternyata bangun tengah malam dengan sendirinya untuk kencing bukanlah hal yang normal. Ada beberapa gangguan pada tubuh yang membuat Anda jadi sering berkemih tengah malam dan mengganggu waktu istirahat. Berikut beberapa hal yang memicu kondisi cukup menyusahkan ini.

  1. Terlalu banyak kopi dan alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi kopi dan alkohol akan membuat Anda mudah sekali beser. Kopi memiliki sifat diuretik atau memicu kandung kemih untuk mengeluarkan urine dalam jumlah banyak dan memicu rasa nyeri yang cukup kuat. Saat rasa nyeri tidak tertahankan lagi, Anda akan bangun tengah malam secara rutin.

Hal senada juga terjadi kalau Anda mengonsumsi alkohol terlalu banyak. Sebelum tidur konsumsi secukupnya saja atau ganti dengan air putih sebanyak 1 gelas.

  1. Minum air terlalu banyak

Minum terlalu banyak air juga akan membuat Anda sering bangun di tengah malam untuk kencing. Oleh karena itu saat akan tidur hanya minum 1-2 gelas saja. Air yang diminum ini digunakan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat tidur. Kalau minum lebih dari itu Anda akan sering sekali terbangun tengah malam atau dini hari untuk berkemih.

  1. Kekurangan hormon antidiuretic

Sebenarnya tubuh kita memiliki hormon yang mencegah tubuh jadi besar berkali-kali. Sayangnya hormon itu akan mengalami penurunan secara signifikan seiring dengan berjalannya waktu atau usia di atas 40 tahun.

  1. Ada infeksi di saluran kemih

Kalau Anda mengalami infeksi pada saluran kemih, kemungkinan bangun di tengah malam untuk kencing akan besar. Hal ini bisa terjadi karena bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih membuat kantong penampung urine jadi sensitif. Akhirnya belum penuh pun otak akan menyuruh Anda untuk bangun dan mengeluarkannya.

  1. Mengalami diabetes atau pradiabetes

Saat memiliki diabetes atau masih mengalami gejala, tubuh akan berusaha membuang gula darah yang terlalu banyak dengan cepat. Nah, salah satu cara untuk membuang gula darah yang terlalu besar ini adalah dengan menghasilkan urine yang banyak. Itulah kenapa saat tengah malam Anda sering terbangun kalau memiliki diabetes.

  1. Memiliki penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual yang menyebabkan infeksi di saluran kemih dan reproduksi akan memicu kandung kemih bergejolak. Akhirnya malam hari saat Anda tidur, tubuh akan dipaksa bangun untuk mengeluarkannya. Oh ya, jenis penyakit yang memicu ini terdiri dari gonore dan klamidia.

  1. Ada masalah pada ovarium atau prostat

Adanya masalah pada ovarium seperti pembesaran secara abnormal juga memicu Anda sering bangun tengah malam dan berkemih. Kondisi ini juga sering disertai dengan rasa sakit yang cukup besar khususnya di perut bagian bawah. Kondisi ini biasanya berlanjut setiap Anda berkemih.

Pada pria gangguan pada prostat juga menyebabkan seseorang sering bangun tengah malam dan akhirnya berkemih. Kondisi ini bisa muncul berkali-kali dan sering menyebabkan nyeri juga di bawah perut. Kalau Anda sering mengalami ini lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.

Dari tujuh tanda di atas, mana yang sering Anda alami dan masih bertahan hingga sekarang. Kalau masalah kencing tengah malam ini sudah semakin mengganggu, coba segera memeriksakan diri ke dokter segar bisa segera diatasi penyebabnya.