10 Penyebab Sering Terbangun dan Kencing di Tengah Malam

sering-bangun-doktersehat

DokterSehat.Com – Sering bangun di tengah malam adalah masalah gangguan tidur yang pasti pernah di alami banyak orang. Namun, apabila kondisi ini sering Anda alami, hal itu menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Lantas, apa penyebab sering bangun di tengah malam?

Sering Bangun dan Kaitannya dengan Kesehatan

Gangguan tidur seperti bangun di tengah malam yang dialami baik oleh pria dan wanita banyak macamnya. Gangguan pertama yang sering terjadi adalah insomnia. Selanjutnya ada gangguan tidur seperti gelisah sepanjang malam atau sering bermimpi buruk. Terakhir, penyebab lain gangguan dari tidur adalah sering bangun tengah malam untuk kencing.

Perlu Anda ketahui, meski kencing adalah aktivitas normal tubuh, namun sering bangun yang disebabkan oleh keinginan untuk buang air kecil tidaklah normal. Ada beberapa gangguan pada tubuh yang membuat Anda jadi sering berkemih.

Berikut adalah beberapa hal yang memicu sering bangun di tengah malam, di antaranya:

  1. Terlalu banyak kopi dan alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi kopi dan alkohol akan membuat Anda mudah sekali beser. Kopi memiliki sifat diuretik atau memicu kandung kemih untuk mengeluarkan urine dalam jumlah banyak dan memicu rasa nyeri yang cukup kuat.

Saat rasa nyeri tidak tertahankan lagi, Anda akan sering bangun di tengah malam secara rutin. Hal senada juga terjadi kalau Anda mengonsumsi alkohol terlalu banyak.

  1. Minum air terlalu banyak

Selain karena kopi dan alkohol, sering bangun di malam hari juga bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak minum jelang tidur. Minum terlalu banyak menjadi penyebab sering bangun di tengah malam untuk kencing.

Oleh karena itu, saat akan tidur sebaiknya hanya minum 1-2 gelas saja. Air yang diminum ini digunakan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat tidur. Jika Anda minum air lebih dari itu, Anda akan sering terbangun tengah malam untuk berkemih.

  1. Kekurangan hormon antidiuretik

Pada umumnya, tubuh memiliki hormon yang bisa mencegah Anda untuk berkemih terlalu sering. Akan tetapi, hormon itu akan mengalami penurunan secara signifikan seiring dengan berjalannya waktu atau usia di atas 40 tahun.

  1. Ada infeksi di saluran kemih

Sering bangun di tengah malam lainnya bisa juga disebabkan karena adanya infeksi pada saluran kemih. Hal ini bisa terjadi karena bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih membuat kantong penampung urine jadi sensitif. Kondisi kantung kemih yang belum penuh memicu respon di otak untuk bangun untuk segera mengeluarkannya.

Selain itu, penyakit menular seksual yang menyebabkan infeksi di saluran kemih dan reproduksi akan memicu kandung kemih bergejolak. Pada akhirnya, ketika Anda tengah tertidur pulas, tubuh akan dipaksa bangun untuk mengeluarkan urine. Jenis penyakit yang membuat sering bangun lainnya adalah gonore dan klamidia.

  1. Mengalami diabetes atau prediabetes

Sering bangun di tengah malam yang satu ini harus Anda waspadai karena ini bisa menjadi tanda penyakit diabetes. Saat Anda didiagnosis memiliki diabetes atau masih mengalami gejala, tubuh akan berusaha membuang gula darah yang terlalu banyak dengan cepat.

Nah, salah satu cara untuk membuang gula darah yang terlalu besar ini adalah dengan menghasilkan urine yang banyak. Itulah kenapa sering bangun tengah malam akan sering Anda alami jika Anda memiliki diabetes.

6. Ada masalah pada ovarium atau prostat

Adanya masalah pada ovarium seperti pembesaran secara abnormal juga memicu Anda sering bangun tengah malam dan berkemih. Kondisi ini juga sering disertai dengan rasa sakit yang cukup besar khususnya di perut bagian bawah. Kondisi ini biasanya berlanjut setiap Anda berkemih.

Pada pria, gangguan pada prostat juga menyebabkan seseorang sering bangun tengah malam dan akhirnya berkemih. Kondisi ini bisa muncul berkali-kali dan sering menyebabkan nyeri juga di bawah perut. Apabila Anda sering mengalami ini lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.

7. Sedang dilanda stres

Sering bangun di malam hari berikutnya juga bisa disebabkan oleh stres yang Anda alami. Stres yang dialami bisa berasal dari pekerjaan, hubungan percintaan, masalah ekonomi dan lain-lain. Kondisi inilah yang membuat Anda tidur dalam kecemasan.

8. Kebiasaan mendengkur

Mendengkur adalah salah satu masalah tidur yang bisa dialami oleh siapa saja. Kebiasaan ini lebih banyak terjadi pada laki-laki dan mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Mendengkur tidak hanya mengganggu orang yang ada di dekat Anda, kebiasaan ini juga bisa merusak kualitas tidur Anda karena menyebabkan sering bangun di tengah malam.

9. Mengalami kelainan ritme sirkadian

Ritme sirkadian atau lebih dikenal sebagai jam internal tubuh adalah bawaan biologis tubuh manusia dalam mengatur siklusnya selama 24 jam. Ritme sirkardian inilah yang menentukan kapan Anda tertidur dan terbangun.

Mereka yang berisiko mengalami gangguan ritme sirkardian adalah seseorang yang dalam pengaruh obat-obatan, bepergian melintasi antar zona waktu, bekerja dengan sistem shift atau mengalami gangguan mental.

10. Terlalu lelah

Saat Anda melakukan banyak aktivitas seharian, biasanya Anda ingin langsung merebahkan punggungnya di kasur untuk mengganti energi yang terkuras. Namun, pada beberapa kasus rasa lelah ini justru membuat Anda terjaga dari tidur. Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara mengantuk dan lelah.

Ketika Anda lelah, tubuh meresponnya dengan ‘apakah Anda lelah karena aktivitas fisik atau stres?’. Pada intinya, keinginan Anda merebahkan punggung di tempat tidur tidak sama dengan keinginan Anda untuk tertidur.

Dari sepuluh tanda di atas, mana yang sering Anda alami dan masih bertahan hingga sekarang? Jika masalah sering bangun dan kencing tengah malam ini sudah semakin mengganggu, segera periksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.