Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti pernah mengalami mual. Mual sendiri merupakan sebuah reaksi tubuh yang membuat seseorang ingin muntah, walau kadang tidak sampai muntah. Dilansir dari laman Boldsky, mual sendiri dikondisikan sebagai respon tubuh yang ingin mengeluarkan materi berbahaya bagi tubuh. Jadi, sebenarnya tubuh bisa menyeleksi, mana materi baik dan materi buruk yang bisa mengganggu kesehatan.

Awas, Sering Mual Bisa Tandakan Penyakit ini!

Dalam kondisi tertentu, setiap orang pasti pernah mengalami mual, misalnya ketika keracunan makanan ataupun karena telat makan. Namun, apa jadinya jika rasa mual tersebut terus-menerus muncul tanpa sebab? Apalagi jika mual itu dibarengi dengan rasa pusing. Jika sudah seperti itu, Anda harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab, kondisi tersebut bisa menandakan adanya gangguan kesehatan sebagai berikut:

1. Gangguan Pencernaan

Pencernaan yang terganggu adalah salah satu penyebab terjadinya rasa mual yang tak kunjung hilang. Biasanya mual itu juga dibarengi gejala tak menyenangkan, misalnya sakit pada perut. Jika Anda mengalami hal ini, maka perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat seperti buah atau sayuran. Jika mual itu tetap muncul, maka sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

2. Alergi Makanan

Sebagian besar orang memiliki alergi pada hal tertentu, misalnya penggunaan alergi cuaca, alergi produk, serta alergi makanan. Biasanya, seseorang yang mengalami alergi pun tidak sadar jika dirinya memiliki alergi pada hal tertentu. Nah, salah satu pertanda bahwa Anda memiliki alergi pada makanan adalah sering terjadi mual saat mengonsumsi makanan tertentu. Untuk itu, coba ingat-ingat dan lebih kenali lagi diri Anda agar alergi tersebut tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Asam Lambung

Asam lambung menjadi salah satu pemicu yang bisa membuat Anda sering merasakan mual, bahkan disertai muntah dalam jumlah sedikit. Biasanya yang dimuntahkan bukanlah makanan, melainkan cairan yang rasanya kecut. Jika Anda mengalami mual dan sering sendawa, itu berarti Anda sedang mengalami gangguan pada asam lambung. Alangkah baiknya untuk segera pergi ke dokter agar cepat ditangani.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi