Sering Lelah dan Mual, Waspadai Penyakit Kelenjar Tiroid

pria-mudah-lelah-doktersehat

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menganggap sensasi mual-mual atau mudah lelah sebagai hal yang sepele. Biasanya, hal ini dianggap sebagai kondisi tubuh yang sedang masuk angin, kurang tidur, atau gejala flu biasa. Padahal, pakar kesehatan menyebut kondisi ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Jika sering terjadi, bisa jadi hal ini terkait dengan gangguan pada kelenjar tiroid.

Beberapa gejala kesehatan yang muncul akibat gangguan kelenjar tiroid

Pakar kesehatan menyebut gangguan kelenjar tiroid sebagai hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang berfungsi dengan berlebihan dan hipotiroidisme atau kelenjar tiroid yang tidak berfungsi dengan maksimal. Kedua masalah kesehatan ini bisa menyebabkan gejala yang khas pada tubuh.

Berikut adalah gejala-gejala kesehatan tersebut.

  1. Berat badan yang mudah naik turun

Jangan senang dulu jika berat badan kita cenderung mudah turun dalam waktu yang singkat. Pakar kesehatan menyebut berat badan yang fluktuatif atau mudah naik turun dalam waktu yang sebentar bisa jadi menandakan adanya gangguan pada kelenjar tiroid.

Biasanya, orang yang normal dan menerapkan pola makan atau olahraga yang baik akan mampu menjaga berat badannya tetap dalam kondisi yang normal atau setidaknya mengalami penurunan atau kenaikan berat badan yang tidak begitu signifikan. Hanya saja, bagi mereka yang menderita hipotiroidisme, nafsu makannya cenderung rendah namun berat badannya mudah naik dengan pesat. Sebaliknya penderita hipertiroidisme cenderung memiliki nafsu makan yang tinggi namun berat badannya sulit bertambah atau justru mudah turun.

  1. Mengalami rambut rontok serta masalah kulit kering

Rambut rontok dan kulit kering harus diwaspadai karena bisa jadi menandakan adanya gangguan pada sistem metabolisme tubuh atau gangguan pada fungsi kelenjar tiroid. Selain rambut rontok yang cukup parah, kulit kering dan gatal-gatal, terkadang kondisi ini juga menyebabkan kuku yang rusak atau mudah patah.

  1. Mudah lelah

Terganggunya sistem kelenjar tiroid akan berpengaruh besar pada sistem kekebalan tubuh dan proses metabolisme. Hal ini akan mengganggu penyediaan energi di dalam tubuh. Kita pun akan menjadi mudah lelah, lesu, kurang bersemangat, dan sulit untuk berkonsentrasi meski sudah tidur cukup atau makan dengan teratur.

  1. Mengalami gangguan pencernaan

Jika kita tergolong sering mengalami gejala gangguan pencernaan seperti mual-mual, muntah, sembelit, hingga diare tanpa sebab yang jelas, sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi memastikan apakah kondisi ini disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid atau tidak.

  1. Depresi

Tak disangka, kecenderungan untuk mengalami depresi atau gangguan mental terkait dengan gangguan pada kelenjar hormon tiroid.

  1. Pembengkakan pada bagian leher

Salah satu tanda khas dari gangguan pada kelenjar tiroid adalah membengkaknya bagian tenggorokan. Hal ini akan membuat sensasi nyeri pada tenggorokan, sulit untuk menelan makanan dengan mudah hingga memicu sensasi tidak nyaman, dan serak saat bersuara.

  1. Hipertensi

Memang, hipertensi atau tekanan darah tinggi seringkali terkait dengan pola hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan tinggi garam dan lemak, kurang olahraga, kurang tidur, dan sering terkena stres, namun pakar kesehatan menyebut salah satu dampak dari masalah kelenjar tiroid adalah meningkatnya tekanan darah yang bisa digolongkan sebagai hipertensi.

  1. Gangguan pernapasan

Gangguan kelenjar tiroid akan mempengaruhi kinerja jantung dan paru-paru dengan signifikan. Kita pun akan lebih rentan mengalami gangguan pernapasan ringan.

  1. Gangguan fungsi otak

Gangguan pada kelenjar tiroid ternyata juga akan berpengaruh besar pada fungsi kognitif otak. Kita akan kesulitan untuk fokus atau berkonsentrasi, berpikir, dan mengalami gangguan pada daya ingat.