Sering Digigit Nyamuk? Bisa Jadi Karena Kaus Kaki

nyamuk_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/John Tann

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, ada orang yang cenderung lebih sering digigit nyamuk jika dibandingkan dengan orang lain. Menurut pakar kesehatan, memang ada orang-orang yang dianggap lebih menarik bagi nyamuk. Yang tidak diduga adalah, bisa jadi penyebabnya adalah hal-hal yang sepele seperti kaus kaki yang mereka pakai.

Dilansir dari Mirror.co.uk, para ahli dari London School of Hygiene and Tropical Medicine melakukan sebuah penelitian dengan cara mengumpulkan ratusan kaus kaki kotor. Kaus kaki ini kemudian digunakan sebagai penarik perhatian bagi para nyamuk. Tak hanya bau dari kaus kaki tersebut, para peneliti juga mengecek faktor gen dari penggunanya. Sebagai informasi, pengguna kaus kaki ini adalah 100 pasangan kembar dari Gambia dan Inggris.

James Logan yang merupakan pemimpin penelitian ini menyebutkan bahwa sebelumnya, para ahli hanya mengetahui sedikit fakta tentang kaitan antara faktor genetik dengan ketertarikan nyamuk pada manusia. Diharapkan, penelitian ini bisa mengungkap hal ini dengan lebih baik.

“Jika kita mampu menemukan faktor genetik atau bahkan bau badan tertentu yang dikeluarkan oleh seseorang yang bisa membuat nyamuk lebih tertarik, diharapkan kita bisa mengembangkan obat yang bisa membuat nyamuk tak lagi tertarik untuk menggigit manusia di masa depan,” ucap Logan.

Beberapa hal lain yang diyakini bisa membuat kita lebih sering digigit nyamuk adalah jenis golongan darah dan pola makan sehari-hari. Bahkan, telah ada penelitian yang menghasilkan fakta menarik tentang beberapa makanan yang bisa kita konsumsi demi mencegah gigitan serangga yang bisa saja membawa penyakit ini.