Penyebab Sering Diare Tengah Malam

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang mengeluhkan sering diare di tengah malam sehingga membuat mereka terpaksa bangun dari tidurnya yang nyenyak. Yang tidak diduga adalah, kebiasaan sering mengalami diare ini bisa jadi adalah tanda dari diabetes. Kok bisa?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Baylor College of Medicine, Texas, Amerika Serikat menyebut kondisi ini sebagai diare idiopatik dan terkait dengan komplikasi dari diabetes mellitus. Hal ini lebih sering terjadi pada pasien yang membutuhkan suntikan insulin karena tubuhnya sudah tidak mampu lagi mengendalikan kadar gula darah. Hanya saja, kondisi ini juga tidak selalu terjadi pada seluruh penderita diabetes.

Belum jelas bagaimana diare idiopatik ini terkait dengan diabetes. Hanya saja, sebagian pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini mungkin terkait dengan kerusakan saraf pada tubuh penderita diabetes akibat tidak terkendalinya kadar gula darah. Dengan saraf yang rusak, khususnya pada bagian saluran pencernaan, maka proses pencernaan dan pembuangan kotoran akan terganggu sehingga risiko untuk mengalami diare pun bisa meningkat, khususnya di tengah malam.

Diare yang terjadi di tengah malam ini juga tidak menyebabkan rasa sakit dan bisa saja terjadi kapanpun tanpa bisa diprediksi. Kondisi ini juga sepertinya terkait dengan inkontinensia usus, kondisi dimana tubuh tak lagi mampu menahan keinginan untuk buang air besar.

Hanya saja, diare tengah malam juga terkait dengan penyakit lain seperti peradangan pada usus, colitis mikroskopik, dan masalah pencernaan lainnya. Karena alasan ini, jika kita sering mengalami diare di tengah malam, ada baiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter, termasuk memeriksa kadar gula darah atau menjalani tes diabetes untuk mengetahui secara pasti apa penyebabnya.