Jangan Salah, Keringat Bercucuran Bukan Berarti Kalori Terbakar

sering-berkeringat-doktersehat
photo credit : pexels.coom

DokterSehat.Com– Bicara mengenai keringat, tentu saja kita akan sangat senang ketika tubuh terkucur keringat secara rutin, apalagi setelah berolahraga. Sebab, kita meyakini jika keringat adalah hasil dari metabolisme atau pembakaran lemak di dalam tubuh.

Hal tersebut memang benar, keringat bisa keluar akibat pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh. Umumnya, keringat akan keluar beberapa saat setelah kita melakukan aktivitas melelahkan. Namun, apa jadinya ketika keringat terus berucuran padahal sudah tak beraktivitas lagi?

Sampai saat ini tak sedikit orang hal ini. Mereka beranggapan bahwa tubuhnya sehat karena sering keluar keringat. Banyak juga yang merasa bahagia karena percaya bahwa kalori di dalam tubuh terbakar. Padahal, tahukah Anda bahwa keringat yang keluar bercucuran tanpa sebab adalah sebuah pertanda tubuh sedang tak normal?

Selain itu, keringat yang berucucuran terlalu banyak juga akan berisiko memberikan efek berbahaya bagi tubuh, misalnya dehidrasi. Sebab, sering terjadi, seseorang jatuh pingsan setelah berolahraga. Hal itu dikarenakan tubuhnya tak mampu memanage air secara baik sehingga diubah menjadi keringat semua.

Seharusnya, air yang di dalam tubuh seseorang bisa diubah ke beberapa pembuangan, misalnya urin. Jadi, ketika berkeringat terlalu banyak setelah berolahraga, sebaiknya Anda beristirahat sejenak dan minum air putih dalam jumlah banyak agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, jangan senang dulu ketika keringat keluar dengan deras setelah berolahraga. Sebab, bukannya mendapat tubuh yang bugar dan kurus, justru akan mendapat masalah baru. Namun, jika keringat yang keluar pada tubuh Anda terbilang normal dan tak terlampau banyak, maka itulah sebenarnya hasil pembakaran kalori di dalam tubuh.

Untuk memastikan kondisi kesehatan, alangkah baiknya Anda pergi ke dokter dan bertanya langsung mengenai keluhan yang Anda alami.