Penyebab Sendawa Setelah Minum Soda

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

DokterSehat.Com– Salah satu jenis minuman yang masih digemari oleh masyarakat adalah minuman ringan atau minuman bersoda. Di siang nan terik yang panas, minuman bersoda akan memberikan kesegaran tersendiri jika dikonsumsi dalam kondisi dingin. Hanya saja, dibalik kesegarannya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan minuman ini. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan gula di dalam minuman bersoda yang jika dikonsumsi dengan berlebihan tentu akan membuat kita rentan terkena masalah kesehatan layaknya obesitas atau diabetes.

Jika kita cermati, saat kita minum soda, kita juga akan mengalami kondisi bersendawa. Bahkan, sendawa ini juga bisa sampai keluar melalui hidung. Hal ini disebabkan oleh reaksi tubuh saat kita mengkonsumsi minuman ini. Kandungan soda atau karbonasi pada minuman ini ternyata membuat kita juga menelan udara dalam jumlah yang cukup banyak, tepatnya gas karbondioksida. Hal ini akan membuat jumlah udara di sekitar kerongkongan menjadi lebih banyak. Tubuh pun akan segera mengeluarkan kembali jumlah udara yang belum mencapai perut ini sehingga akhirnya membuat kita mengalami sendawa.

Hanya saja, dalam banyak kasus, udara ini tidak hanya sampai ke kerongkongan, namun sampai ke perut. Alhasil, jumlah udara di dalam perut menjadi berlebihan dan akhirnya membuat perut kita menjadi kembung dan tidak nyaman.

Jadi, sudah tahu kan mengapa kita pasti akan mengalami sendawa setelah minum soda? Meskipun rasanya enak, pastikan untuk tidak berlebihan dalam meminumnya demi menjaga kesehatan tubuh ya?