7 Penyebab Nyeri Perut Setelah Bercinta (Khusus Wanita)

nyeri-di-perut-saat-seks-doktersehat

DokterSehat.Com – Ada tiga alasan yang menyebabkan wanita malas saat diajak bercinta oleh. Pertama, mereka terlalu lelah dengan pekerjaan rumah atau pekerjaan di kantor. Kedua, mereka susah terangsang meski suami sudah melakukan stimulasi ke beberapa titik tubuhnya. Terakhir, wanita tidak mau bercinta karena perutnya selalu nyeri usai menuntaskan aktivitas ranjang ini.

Penyebab Nyeri Perut Setelah Bercinta pada Wanita

Nyeri yang terjadi pada perut bagian bawah bisa terjadi karena beberapa hal. berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan masalah itu.

  1. Radang panggul atau infeksi organ kandungan

Panggul bisa mengalami radang akibat penyakit menular seksual yang menyebar ke mana-mana. Penyakit ini menyebabkan inflamasi di banyak tempat termasuk di sekitar kandung kemih hingga ke area organ internal vagina. Kalau infeksi terjadi, rasa sakit akan sering muncul, bahkan tanpa ada aktivitas seks sekalipun.

Kalau aktivitas seks yang dilakukan mulai mengganggu atau wanita sama sekali tidak merasakan nikmat, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri. Radang di area panggul dan organ dalam bisa memicu kerusakan dan berpotensi menyebabkan wanita susah mendapatkan keturunan.

  1. Endometriosis

Endometriosis adalah pertumbuhan sel abnormal pada dinding rahim. Pertumbuhan yang terlalu banyak ini menyebabkan nyeri yang cukup kuat saat seseorang melakukan seks. Tekanan dari luar menyebabkan area rahim seperti kontraksi dan memunculkan rasa sakit hingga perdarahan.

Kondisi endometriosis sangat berbahaya pada wanita. Beberapa wanita bahkan tidak bisa mendapatkan kehamilan karena kondisi ini. Mereka juga akan sering mengalami perdarahan.

  1. Kista yang terjadi pada indung telur

Jaringan berlebihan dari endometriosis bisa sampai ke ovarium dan memicu terjadinya kista. Kalau kondisi ini terus dibiarkan, ovarium tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan ovum tidak bisa dihasilkan. Wanita akan sulit mendapatkan keturunan atau malah tidak bisa sama sekali karena organ ini harus diangkat.

  1. Kelainan pada leher rahim.

Leher rahim atau serviks adalah saluran yang menghubungkan vagina luar dan rahim bagian dalam. Kalau saluran ini sampai mengalami infeksi atau kelainan, rasa sakitnya bisa menjalar sampai ke perut. Apalagi saat melakukan seks, penis akan memberikan tekanan cukup besar ke area ini.

Masalah pada leher rahim ini juga dipicu oleh beberapa kondisi medis berbahaya seperti kanker serviks. Kalau kondisi ini sudah terjadi, tidak hanya rasa sakit saja yang akan terjadi, terkadang akan muncul darah yang cukup banyak.

  1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri. Kalau sudah parah, infeksi bisa menyebabkan inflamasi di saluran kemih hingga memicu terjadinya perdarahan. Kondisi ini bisa menyebabkan wanita tidak nyaman saat melakukan seks karena saat penetrasi terjadi rasa sakit di saluran kemih merambat hingga ke perut.

Kalau Anda merasa sering mengalami sakit saat berkemih dan ada darah yang keluar dari sana, kemungkinan besar sedang ada infeksi. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter dan mendapatkan penanganan agar infeksi tidak menjalar sampai ke ginjal.

  1. Posisi seks yang salah

Posisi seks juga menyebabkan wanita kerap mengalami nyeri pada perut. Bahkan, pria pun juga bisa mengalami nyeri pada perut kalau posisi seksnya dilakukan salah dan membuat otot di perut bekerja maksimal. Pilih posisi yang benar-benar nyaman untuk dua belah pihak.

Jangan melakukan posisi yang cukup ekstrem dan menyebabkan gangguan pada tubuh. Misal pasangan melakukan seks dengan posisi menekan perut wanita, setelah seks, perut juga akan terasa sakit dan menyiksa. Oleh karena itu diskusi masalah posisi seks ini dengan pasangan terlebih dahulu.

  1. Makan terlalu banyak

Makan dahulu sebelum melakukan aktivitas jenis apa pun memang baik dan bisa memberikan energi. Namun, kalau makan yang Anda lakukan terlalu banyak dan berdekatan dengan waktu seks, masalah bisa saja terjadi. Perut yang terisi penuh makanan akan terasa sakit kalau mendapatkan tekanan saat penetrasi.

Anda boleh makan, tapi jangan terlalu berlebihan dan usahakan 1-2 jam sebelum melakukan seks. Kalau Anda makan terlalu berlebihan, perut akan terasa tersiksa dan Anda juga tidak akan menikmati aktifitas seks yang dilakukan. Kalau Anda ingin makan agak banyak, lakukan setelah melakukan seks.

Kalau rasa sakit yang muncul pada perut terus terjadi dan tidak mau reda, segera mendatangi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dengan pemeriksaan yang detail, penyebab sakit bisa diketahui dan bisa segera diatasi. Jangan biarkan masalah ini hingga berlarut-larut karena akan sangat berbahaya untuk kesehatan reproduksi.

Diagnosis Sakit Perut Setelah Bercinta

Begitu perut sakit setelah bercinta, telusuri dahulu lebih lanjut. Pertama, di mana letak sakitnya, apakah di atas vagina langsung atau agak menyamping baik ke kiri atau ke kanan. Selanjutnya, rasa sakit yang muncul terjadi saat itu juga usai aktivitas seksual terjadi atau beberapa hari setelahnya.

Selanjutnya, nyeri yang timbul pada perut apakah masih bisa ditahan atau sangat kuat sehingga Anda tidak kuat menahannya? Selanjutnya apakah nyeri disertai pendarahan atau keputihan? Hal-hal ini harus dipastikan agar diketahui penyebab aslinya.

Pada beberapa kondisi, nyeri perut yang terjadi usai bercinta bukan karena penetrasi atau gerakan yang dilakukan saat bercinta. Bisa saja, rasa sakit muncul karena ada gangguan pada organ seksual wanita.