Sakit Perut Setelah Makan Es Krim? Ternyata Ini Penyebabnya

es-krim-doktersehat

DokterSehat.Com– Siapa tak suka es krim? Ya, rasanya begitu nikmat dan menyegarkan. Tubuh pun akan terasa lebih segar. Akan tetapi, kenyataannya, sebagian orang justru mengalami sakit perut setelah mengonsumsi es krim. Sebenarnya, apa sih penyebab sakit perut setelah mengonsumsi makanan yang disukai hampir seluruh kalangan ini?

Dikutip dari Live Strong, pakar kesehatan menyebut sakit perut setelah makan es krim seringkali terkait dengan masalah intoleransi laktosa atau alergi susu. Kedua masalah kesehatan tersebut memang bisa memicu gangguan pada perut. Jika kita kerap mengalaminya setelah makan es krim, ada baiknya kita berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

  1. Intoleransi laktosa

Jika kita mengalami intoleransi laktosa, maka usus kecil di dalam perut tidak akan mampu memproduksi enzim laktase dengan cukup sehingga kesulitan untuk memecah gula. Hal ini akan memicu sensasi tidak nyaman pada perut. Sensasi tidak nyaman ini bahkan bisa berlanjut hingga  kerongkongan.

  1. Alergi susu

Jika kita mengalami alergi terhadap susu, maka besar kemungkinan kita akan mengalami sakit perut setelah makan es krim. Kenapa? Karena kandungan utama dari es krim adalah produk turunan susu. Mengonsumsinya akan membuat sistem imun tubuh menjadi lebih aktif dan menyerang kandungan protein susu yang menyebabkan reaksi alergi seperti sakit perut.

Pakar kesehatan menyebutkan, reaksi sakit perut ini bisa saja muncul hanya dalam beberapa menit setelah makan es krim. Beberapa gejala yang muncul adalah mual-mual dan muntah, perut kembung, nyeri perut seperti kram, hingga diare. Bagi orang yang mengalami alergi parah, gejala yang dirasakan bahkan bisa berupa batuk-batuk atau sesak napas.

Jika kita mengalami gejala kesehatan tersebut setiap kali setelah makan es krim, ada baiknya tidak sembarangan saat mengonsumsinya.

Nah, Teman Sehat suka makan es krim juga? Pastikan tidak mengalami masalah intoleransi dan alergi susu, ya!