7 Penyebab Sakit Kepala Sebelah pada Pria dan Wanita

penyebab-migrain-sebelah-kiri-pada-pria-dan-wanita-doktersehat

DokterSehat.Com – Sakit kepala adalah salah satu gangguan yang wajar terjadi pada wanita dan pria. Namun, intensitas sakit kepala dan jenisnya yang menentukan efek pada tubuh. Kalau sakit kepalanya ringan dan masih tidak parah, minum obat pereda nyeri akan sembuh dengan sendirinya. Namun, kalau pusingnya cukup kuat dan berjenis migrain, beberapa orang kerap tidak kuat menahannya.

Oh ya, dari beberapa penelitian yang dilakukan wanita mudah mengalami migrain hingga tiga kali dari pria. Jadi, jangan heran kalau beberapa kasus sakit kepala sebelah ini lebih banyak mengenai wanita. Meski lebih banyak mengenai wanita, pria pun juga bisa mengalaminya dengan efek yang cukup besar.

Berikut penyebab sakit kepala sebelah atau migrain yang terjadi pada pria dan juga wanita.

  1. Perubahan hormon

Salah satu alasan yang membuat wanita jadi mudah mengalami migrain adalah perubahan hormon di dalam tubuhnya. Saat estrogen dan progesteron bergantian mengambil alih fungsi tubuh hingga akhirnya terjadi menstruasi atau ovulasi, wanita akan sering pusing.

Hal senada juga terjadi saat wanita mengalami penurunan estrogen cukup banyak saat menopause, rasa pusing di salah satu sisi kepala akan sering muncul. Terakhir, perubahan hormon yang terjadi saat menggunakan KB hormonal juga memicu terjadinya migran.

  1. Stres berlebihan

Stres yang berlebihan pada pria dan wanita juga menyebabkan gangguan pada kepala. Pria dan wanita bisa mengalami pusing berlebihan di salah satu sisi kepalanya karena terlalu banyak hal yang dipikirkan. Kondisi ini bisa diatasi dengan minum obat nyeri dan sedikit relaksasi agar suasana hati jadi lebih tenang.

  1. Penyerapan kafeina yang berlebihan

Migrain bisa muncul karena tubuh terlalu banyak menghisap kafeina dari makanan dan minuman. Anda tidak disarankan untuk minum kopi, teh, atau makan cokelat terlalu banyak kalau sering mengalami migrain. Batasi konsumsinya sesuai dengan batas toleransi yang dimiliki oleh tubuh. Biasanya setiap orang memiliki batas toleransi yang berbeda-beda.

  1. Tidur kurang nyenyak

Melakukan istirahat dengan jumlah jam yang tepat adalah keharusan. Misal Anda sering mengalami insomnia dan tidur di bawah 6 jam sehari, tubuh akan menjadi mudah lelah. Dampaknya, rasa nyeri akibat sakit kepala biasa atau mungkin migrain terjadi dan mengganggu aktivitas harian. Perbaiki pola tidur setiap hari agar tidak mengalaminya terus-menerus.

  1. Kekurangan nutrisi

Pusing di salah satu sisi kepala juga bisa disebabkan oleh kondisi kekurangan gizi. Setiap hari kita buruh kalori yang seimbang lengkap dengan mikro nutrisi lain seperti vitamin. Kalau salah satu nutrisi seperti vitamin A dan zat besi menurun, kemungkinan terjadi migrain disertai anemia akan besar.

  1. Terlalu lama di depan komputer

Terlalu lama di depan komputer untuk mengetik dan juga bekerja juga menyebabkan kepala jadi pusing. Hal ini terjadi karena posisi duduk yang tidak nyaman dan posisi kepala yang selalu sama sehingga otot di leher agak kaku dan aliran darah yang ada di sana mengalami gangguan.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama munculnya migrain dengan intensitas ringan dan juga berat. Sakit kepala ini bisa muncul di sebelah kiri atau sebelah kanan dari kepala. Munculnya migrain di kepala terjadi karena terjadi kekurangan cairan yang menyebabkan aliran darah mengalami gangguan. Penuhi 6-8 gelar air putih, bukan air manis, setiap harinya.

Dari beberapa penyebab sakit kepala sebelah di atas mana saja yang pernah Anda alami? Semoga setelah membaca ulasan di atas, kita bisa lebih tahu bagaimana cara mencegah sakit kepala sebelah dan mengatasinya kalau terlanjur muncul.