Jangan Remehkan Sakit Kepala Pada Anak

doktersehat penyebab sakit kepala anak(1)

DokterSehat.Com– Anak-anak ternyata juga bisa sakit kepala lho Mom. Sebagian besar orang tua cenderung meremehkan sakit kepala pada anak karena menganggap sakit kepala pada anak kecil bukanlah keluhan yang serius. Selain itu terkadang anak juga belum bisa menjelaskan sakit kepalanya dengan baik. Padahal sakit kepala pada anak bisa jadi pertanda kondisi yang serius.

Penyebab sakit kepala pada anak

Tipe sakit kepala pada anak umumnya sama dengan sakit kepala pada dewasa, namun kadang memiliki gejala yang berbeda. Beberapa tipe sakit kepala tersebut antara lain migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala kronis. Penyebab sakit kepala anak antara lain:

1. Mengalami penyakit atau infeksi tertentu

Sakit kepala pada anak kadang merupakan bawaan dari penyakit lainnya seperti flu, infeksi telinga, infeksi sinus, dan meningitis. Umumnya kondisi ini juga diiringi gejala lainnya seperti kaku leher, demam dan gangguan pernapasan.

2. Cedera kepala

Beberapa kasus sakit kepala juga dapat disebabkan oleh cedera kepala seperti terbentur. Umumnya cedera ini termasuk ringan, namun jika anak terbentur dengan keras dan diiringi pusing dan mual-mual, maka sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mengantisipasi gejala gegar otak.

3. Kecemasan

Anak yang stres dan cemas, memiliki masalah di sekolah, masalah dengan guru, orang tua atau teman bisa jadi penyebab sakit kepala pada anak. Umumnya kondisi ini disertai dengan penurunan nafsu makan, anak yang murung, serta tidak bersemangat.

4. Makanan atau minuman tertentu

Beberapa anak mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Umumnya makanan tersebut mengandung nitrat yang biasa terdapat dalam daging olahan seperti sosis atau makanan olahan lainnya. Selain itu minuman yang mengandung kafein seperti soda, teh dan cokelat juga dapat menimbulkan sakit kepala pada anak.

5. Gangguan kesehatan di otak

Beberapa masalah sakit kepala dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan di otak seperti tumor otak, abses dan perdarahan. Adanya sumbatan ini dapat menekan area tertentu sehingga menyebabkan sakit kepala yang berat. Umumnya gejala ini diiringi dengan pandangan kabur atau gangguan koordinasi.

Jika anak Anda mengalami gangguan tersebut maka sebaiknya segera periksakan kondisi anak tersebut ke dokter. Semakin cepat mendiagnosis gangguan kesehatan pada anak, semakin cepat juga penanganan yang diberikan pada anak.