5 Penyakit yang Menyebabkan Ruam Merah pada Penis

doktersehat ruam penis

DokterSehat.Com – Masalah penis yang terjadi pada pria tidak hanya berhubungan dengan kemampuan ereksi dan juga ejakulasi. Ada hal lain yang menyebabkan masalah pada penis khususnya menyebabkan rasa gatal, panas, hingga menyebabkan kulit jadi merah dan melepuh.

Masalah kulit di atas sering disebut dengan ruam atau rash dan gampang muncul pada pria yang tidak menjaga sanitasi area penisnya dengan baik. Kondisi ini mungkin hanya menyebabkan rasa tidak nyaman saja pada penis dan selangkangan, namun bisa memicu infeksi lain yang jauh lebih parah dan harus disembuhkan sesegera mungkin.

Lebih jelasnya, berikut penyebab ruam penis:

  1. Eksim

Eksim adalah salah satu penyebab ruam merah yang paling umum pada penis. Ruam ini menyebabkan kulit di penis dan sekelilingnya jadi sangat kering dan sering mengelupas. Selanjutnya, kulit juga mengalami inflamasi yang cukup parah dan infeksi yang menyebabkan rasa sakit yang cukup intens.

Penyakit ini biasanya diatasi dengan obat oral atau obat dalam bentuk salep. Setelah area penis dibersihkan, salep dioleskan secara merata agar meresap. Untuk perawatan yang maksimal, setelah pria buang air kecil. Mereka disarankan segera mencuci penis dan membuatnya kering kembali. Jangan biarkan penis jadi basah setelah dibersihkan.

  1. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit di area penis yang menyebabkan rasa gatal dan membuat permukaan kulit menjadi merah. Kondisi ini bisanya diikuti juga dengan kerusakan pada kulit dan menyebabkan terbentuknya sisik kecil yang bisa mengganggu keindahan dari penis dan sensitivitasnya.

Kondisi psoriasis ini sebenarnya tidak berbahaya untuk penis dan juga organ di sekitarnya. Namun, kalau sudah parah tidak akan bisa disembuhkan dengan sempurna. Jadi, begitu ada sisik muncul di sekitar penis, segera lakukan pemeriksaan dan juga penyembuhan agar tidak menyebar ke mana-mana dan semakin parah kondisinya.

  1. Balantis

Balantis adalah salah satu penyakit pada penis yang sering menyerang pria paruh baya yang tidak sunat. Kotoran di bawah kulup atau foreskin yang menumpuk menyebabkan gangguan berupa rasa gatal yang cukup kuat disertai dengan perih dan kulit jadi memerah dan bersisik.

Kondisi balantis ini cukup berbahaya karena menyerang kepala penis secara langsung. Serangan ini menyebabkan pria akan susah menikmati aktivitas seks karena saat penetrasi terjadi mereka akan sering merasakan sakit. Beberapa kondisi balantis bisa juga menyebabkan perdarahan.

Perawatan balantis bisa dilakukan dengan obat oral sejenis steroid topical dan dengan salep yang menjaga kelembapan dari kepala penis yang semakin menurun.

  1. Herpes simplex

Herpes simplex sering muncul pada pria yang sering berhubungan badan dengan tidak sehat dan berganti pasangan. Penyakit ini menyebabkan lepuhan yang cukup masif di area penis dan menyebabkan kulit yang ada di bawahnya jadi memerah.

Herpes jenis ini menyebabkan tubuh jadi demam dan perasaan tidak nyaman lainnya. Kondisi ini akan berulang beberapa kali sehingga penanganan dari dokter harus dilakukan sesegera mungkin agar tidak terjadi komplikasi.

  1. Candidiasis

Candididasis terjadi pada ujung penis dalam bentuk kulit kasar dan cenderung berwarna keputihan. Kalau bagian ini ditekan atau terkelupas, perdarahan akan terjadi dan menyebabkan rasa sakit yang sangat besar. Oleh karena itu, kalau pria mendapati kondisi ini pada penisnya, pemeriksaan harus segera dilakukan agar tidak parah.

Inilah lima penyakit yang menyebabkan ruam merah pada penis. Mana yang pernah Anda alami? Semoga setelah ini tidak ada masalah lagi yang menyerang penis.