7 Penyebab Reaksi Alergi yang Muncul di Wajah

reaksi-alergi-di-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap orang memiliki alergi dan tubuhnya meresponsnya dengan sesuatu yang beragam. Misal seseorang tidak bisa makan makanan laut seperti udang. Kalau mengonsumsi makanan itu tubuhnya akan memberikan respons berupa bentol-bentol di seluruh tubuh atau susah bernapas. Selain itu ada juga yang respons alerginya dalam bentuk bersin.

Selain respons dalam bentuk bentol, sesak napas, dan bersin. Tubuh juga bisa memberikan respons dalam bentuk gatal di wajah. Respons gatal di wajah ini bisa muncul karena beberapa hal di bawah ini.

Penyebab reaksi alergi muncul di wajah

Reaksi alergi yang muncul di wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini. Simak baik-baik kalau Anda sering mengalami gatal di wajah berkali-kali.

  1. Alergi musim

Beberapa orang yang hidup di negara barat sering sekali mengalami reaksi alergi di wajah saat musim semi. Biasanya saat musim semi akan mulai banyak benang sari beterbangan dari bunga yang mekar. Beberapa orang alergi dengan hal itu dan sering mengalami masalah di wajahnya.

Masalah di wajah yang sering terjadi adalah gatal, memerah, kadang ada bisul, dan mata membengkak. Kondisi ini biasanya akan hilang saat musim panas datang dan udara sudah semakin hangat.

  1. Hewan

Beberapa orang ada yang memiliki alergi dengan rambut binatang misal anjing, kucing, atau kelinci. Begitu terkena bulu dan terhirup, bersin akan muncul berkali-kali dan hal ini sangat mengganggu. Kondisi ini membuat seseorang jadi tidak nyaman.

Hal lain yang disebabkan oleh hewan adalah rasa gatal dan bentol di wajah. Beberapa orang akan langsung mengalaminya kalau secara tidak sengaja menyentuh serangga seperti lebah, kupu-kupu, atau ulat bulu.

  1. Kontak dermatitis

Beberapa alergen bisa memberikan dampak pada tubuh kalau terkena sentuhan tangan atau bagian tubuh lainnya. Misal Anda menyentuh zat kimia tertentu atau rumput jelatang yang bisa memberikan rasa gatal. Begitu terkena itu tubuh akan langsung memberikan respons.

Detergen atau produk lain seperti kondom dengan bahan lateks juga memicu reaksi alergi. Tubuh akan terasa gatal dan muncul beberapa bentol di wajah. Kondisi ini biasanya akan mereda setelah dicuci bersih dan diberi minyak angin untuk meredakan bentol yang terjadi.

  1. Makanan

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau makanan merupakan salah satu pemicu reaksi alergi yang sangat umum terjadi. Seseorang bisa alergi dengan beberapa makanan seperti kacang atau makanan laut seperti udang, kepiting, dan lobster.

Reaksi alergi yang muncul pada tubuh bisa berupa bentol di wajah dan seluruh tubuh. Selanjutnya beberapa kasus juga bisa memberikan reaksi berupa sesak napas.

  1. Obat

Alergi terhadap obat juga bisa terjadi pada tubuh. Alergi menyebabkan bentol di wajah, gatal, dan bercak kemerahan di seluruh tubuh. Kondisi ini akan lebih parah kalau obat yang menyebabkan alergi dikonsumsi setiap hari.

  1. Eksim

Eksim juga merupakan gangguan yang muncul pada wajah. Meski belum ada yang tahu apa penyebab kulit bersisik ini, beberapa penelitian menunjukkan kalau eksim ada hubungannya dengan alergi makan dan erat hubungannya dengan seseorang yang mengalami asma.

  1. Anafilaksis

Anafilaksis adalah salah satu reaksi alergi yang sangat parah dan berbahaya. Kondisi ini terjadi karena ada reaksi yang berlebihan dari sistem kekebalan terhadap alergen. Tubuh jadi mengalami sakit dan berpotensi menyebabkan beberapa tanda di bawah ini.

  • Dada dan tenggorokan terasa sangat sesak dan susah digunakan untuk bernapas. Kondisi ini terjadi secara instan dan harus ditangani secara serius.
  • Pembengkakan di wajah khususnya di pipi dan bibir. Wajah mendadak memerah dan terasa sangat panas.
  • Sekujur tubuh jadi muncul semacam warna merah dan terasa sakit saat disentuh. Bentol juga mungkin muncul di beberapa tempat.
  • Napas yang dilakukan jadi pendek-pendek. Beberapa penderita ada yang sampai membutuhkan alat bantu napas.

Kalau kondisi di atas muncul pada tubuh, ada baiknya untuk tidak menyepelekan. Segera kunjungi dokter atau minta bantuan keluarga atau teman untuk segera membawa ke klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan

Cara mencegah munculnya alergi

Setiap orang memiliki alergi yang berbeda-beda. Selain itu, alergen yang dimiliki juga tidak selalu sama. Nah, cara terbaik untuk mencegah munculnya masalah ini adalah dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Mengetahui jenis alergen yang dimiliki. Kalau Anda pernah merasa tidak nyaman kalau makan, menghirup, atau menyentuh sesuatu, bisa jadi itu reaksi. Kalau Anda sudah mengetahuinya, coba hindari sebisa mungkin.
  • Minum obat anti sebelum melakukan sesuatu yang berisiko. Misal Anda memiliki alergi dengan udang, yang bisa Anda lakukan kalau ingin makan udang adalah minum obat yang bisa mencegah alergi.
  • Jaga kesehatan tubuh secara baik setiap saat. Perhatikan sanitasi pada tubuh dan juga lingkungan sekitar. Alergi debu juga bisa membuat seseorang terus bersin hingga berjam-jam.
  • Selalu ketahui penyembuh atau penangkal alergi. Misal seseorang yang alergi dengan makanan laut bisa diatasi dengan minum air kelapa selain obat. Anda harus tahu cara mengatasi alergi khususnya yang berasal dari bahan alami.
  • Sebisa mungkin untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang dimasak sendiri. Kalau Anda membeli dari luar, campuran untuk makanannya tidak bisa diketahui.
  • Ke mana-mana bawa masker atau lindungi kulit dari paparan bahan kimia atau sinar matahari siang secara berlebihan.

Inilah beberapa ulasan tentang reaksi alergi yang muncul di wajah. Nah, kira-kira Anda pernah mengalami hal ini atau tidak? Dari beberapa penyebab di atas, mana saja yang pernah terjadi pada tubuh Anda, khusus area wajah?