3 Kebiasaan Buruk yang dapat Menyebabkan Rambut Rontok

doktersehat-buah-asam-mencegah-rambut-rontok
Photo Credit: Pexels.com/Mariana

DokterSehat.Com– Seringkali wanita memiliki masalah pada rambut yang cukup mengganggu, misalnya rambut kering, bercabang, rambut berketombe, hingga rambut rontok. Masalah rambut yang paling sering dialami oleh hampir setiap wanita adalah masalah rambut rontok, mulai dari kerontokan rambut yang cukup ringan hingga berat.

Masalah rambut rontok jika tidak segera diselesaikan akan berakibat  menjadi kebotakan. Tentu saja Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan? Untuk itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari rambut rontok, sehingga Anda bisa mengatasinya dengan tepat. Berikut adalah 3 kebiasaan yang dapat menyebabkan rambut rontok:

1. Tidak Keramas dengan Benar

Ketika Anda sedang mencuci rambut, hal yang pertama Anda lakukan mungkin hanya membasahi rambut dan membersihkannya dengan shampoo. Anda tidak memperhatikan bagaimana cara keramas dengan baik. Padahal saat keramas, Anda harus memijit kulit kepala menggunakan ujung jari. Setelah itu, bilas hingga bersih dan pastikan tidak ada sisa shampoo yang masih menempel pada kulit kepala. Sebab, shampoo yang masih tertinggal tersebut berpotensi dapat menyebabkan ketombe dan rambut rontok.

2. Produk Perawatan Rambut

Merawat rambut memang sangat penting agar selalu terjaga kesehatannya. Tak jarang, banyak yang merawat rambut menggunakan bahan alami hingga produk kecantikan. Perlu Anda ketahui bahwa menggunakan produk perawatan rambut terlalu banyak mampu merusak kesehatan rambut dan menyebabkan kerontokan rambut yang sangat parah. Hal ini disebabkan karena kandungan kimia yang terdapat pada produk perawatan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan rambut. Terlebih lagi jika produk yang digunakan tidak sama dan memiliki merek yang berbeda.

3. Tidur dengan Rambut Basah

Aktivitas yang harus dimulai pada pagi hari seringkali membuat Anda tidak memiliki banyak waktu untuk keramas di pagi hari. Sehingga, Anda memilih untuk keramas pada malam hari, bahkan sebelum tidur. Dengan begitu, Anda akan tidur dengan rambut yang masih dalam kondisi basah. Sayangnya, kebiasaan tersebut sangatlah tidak baik untuk rambut Anda. Sebab, tidur dengan rambut basah bisa membuat gesekan rambut menjadi semakin besar. Akibatnya, rambut akan lebih mudah rontok.