Tak Cuma Keringat, Inilah Penyebab Puting Payudara Sering Gatal

doktersehat-payudara-gatal

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengalami rasa gatal pada puting payudara? Jika pernah, tentu saja rasanya sangat tidak nyaman, bukan? Sebab, gatal pada puting memang cukup membingungkan. Ketika digaruk, akan ada rasa sedikit sakit, bahkan bisa lecet. Namun ketika dibiarkan saja, rasa gatal itu akan semakin menjadi-jadi sehingga seringkali membuat bingung bagaimana menanganinya.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi lagi, alangkah baiknya Anda mengetahui apa saja penyebab dari gatalnya puting pada payudara tersebut. Agar lebih jelas, berikut adalah penyebabnya.

1. Keringat

Mungkin Anda sudah tahu mengenai hal ini. Ya, keringat adalah salah satu penyebab terjadinya gatal-gatal pada anggota tubuh, tak terkecuali puting. Sebab, keringat biasanya tercampur dengan bakteri yang harus segera dibersihkan. Jadi, jika Anda selesai olahraga, maka segera usap keringat tersebut sebelum membuat puting menjadi gatal.

2. Sabun Mandi

Selanjutnya, gatal pada puting payudara juga bisa disebabkan oleh penggunaan sabun mandi yang tidak cocok pada kulit Anda. Sebab, ada sebagian sabun mandi yang mengandung bahan kimia yang aromanya sangat kuat sehingga merangsang terjadinya gatal. Untuk itu, pilihlah sabun mandi yang hipoalergik dan tidak memiliki aroma terlalu kuat.

3. Bahan Bra

Penggunaan bra juga berpengaruh bagi gatalnya puting. Sebab, ada beberapa bra yang terbuat dari bahan kurang baik sehingga menyebabkan gatal akibat terjadinya gesekan yang terus-menerus. Oleh sebab itu, gunakan bra dengan kualitas bahan dasar baik, misalnya katun.

4. Tumor

Gatal pada puting juga bisa mengindikasikan bahwa ada tumor yang sedang berkembang pada area payudara Anda. Biasanya, gejala ini tidak hanya berupa gatal saja, namun juga disertai beberap kondisi aneh lainnya, seperti puting memerah, sering nyeri, sensasi panas, dan sedikit ada benjolan. Jika Anda mengalaminya, maka segeralah konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Cuaca Kering

Ketika cuaca sedang kering, beberapa bagian tubuh akan mengalami rasa gatal yang tak tertahankan, tak terkecuali puting. Biasanya, puting yang gatal jika digaruk akan membekas putih. Untuk itu, disarankan agar mengompresnya dengan air hangat beberapa saat. Boleh juga jika Anda ingin berendam air hangat. Setelahnya jangan lupa berikan pelembap pada area puting untuk menghindari gatal.