Penyebab Punggung Terasa Sakit Saat Bernafas

doktersehat-menjaga-sendi-sehat-nyeri-punggung

DokterSehat.Com– Sakit punggung adalah salah satu hal yang cukup sering dialami oleh manusia. Hanya saja, menurut American Chiropractic Association, sakit punggung cenderung lebih sering dialami oleh wanita daripada pria. Biasanya, rasa sakit ini berpusat pada sekitar tulang belakang yang membuat tubuh bagian atas kurang nyaman dan sulit untuk digerakkan. Bahkan, rasa nyeri ini bisa semakin terasa saat bernafas. Apa penyebab utama dari sakit punggung ini?

Cedera
Kadangkala tulang rusuk bisa mengalami cedera karena terbentur benda keras, terkilir, atau bahkan patah yang membuatnya mengalami sakit punggung. Tak hanya itu, rasa nyeri karena cedera pada otot, ligament, atau struktur pendukun belakang juga bisa memicu masalah rasa nyeri ini. Hanya saja, jika rasa sakit ini terus berlanjut, ada baiknya kita mewaspadai masalah tulang belakang seperti scoliosis, lordosis, dan kifosis.

Gangguan pada paru-paru
Jika kita mengalami infeksi paru-paru, maka kita akan kesulitan bernafas dengan lancar dan mengalami rasa nyeri. Salah satu infeksi yang bisa menyebabkan hal tersebut adalah pneumonia. Tak hanya itu, jika ada emboli paru atau terjadinya gumpalan darah yang bisa menghambat pembuluh darah pada paru-paru juga akan menyebabkan rasa nyeri pada punggung tatkala menarik nafas.

Kondisi obesitas
Tak disangka, obesitas atau kelebihan berat badan ternyata bisa memberikan tekanan yang sangat besar bagi tulang belakang dan saluran pernafasan sehingga akhirnya membuat kita merasa kesakitan saat bernafas. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu menjaga berat badan tetap dalam kondisi yang ideal.

Salah membawa barang
Membawa barang yang terlalu berat, atau salah posisi saat mengambil, menarik, atau menggendong benda berat bisa menjadi pemicu utama munculnya rasa sakit pada punggung yang terasa setiap kali kita bernafas.

Jika gejala sakit ini sangat terasa dalam waktu yang lama, segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.