Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pori-pori yang tersumbat, bisa menjadi sumber masalah bagi kecantikan Anda. Masalah ini, ternyata juga bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan jelek. Apa sajakah itu? Kami melansir dari Top 10 Home Remedies untuk Anda berikut ini.

Hentikan Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Pori-pori Kulit Tersumbat

1. Sering Menyentuh Wajah

Jika Anda memiliki kebiasaan memegang wajah tanpa alasan, sebaiknya mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut. Kebiasaan ini dapat berkontribusi untuk menyebabkan jerawat. Menyentuh wajah tanpa alasan yang jelas, bisa memcemari kulit.

Tangan yang kotor, memindahkan banyak bakteri, virus, minyak, kotoran dan alergen ke wajah Anda, dan hal ini yang dapat membuat pori-pori tersumbat.

2. Berjemur dan Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Penggunaan tabir surya yang terlalu sering, ternyata bisa menyebabkan gangguan pada pori. Pori-pori akan tampak lebih besarSehari dihabiskan di pantai sangat menyenangkan, tetapi sangat merusak kulit.

Banyak tabir surya bersifat komedogenik, yang berarti memiliki kemampuan memblokir pori. Jadi selain menghindari paparan sinar matahari untuk waktu yang lama, penting juga untuk memilih tabir surya yang tepat. Pilih yang ringan, bebas minyak dan mengandung seng dan titanium dioksida sebagai bahan aktif.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Merokok

Kebiasaan jelek lain yang bisa menyumbat pori-pori adalah merokok. Sedihnya, ini berlaku untuk perokok aktif atau pasif. Ketika Anda merokok, residu berbahaya tertinggal di kulit. Residu kotor ini dapat menyumbat pori-pori Anda, menghitamkan kulit dan menyebabkan kulit kusam yang tidak sehat.

Merokok biasa juga memperparah kondisi kulit seperti psoriasis dan kulit kendor. Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Dermato-Endocrinology menemukan bahwa perokok lebih cenderung menderita jerawat dewasa (tipe non-inflamasi) dibandingkan dengan bukan perokok.

Bagaimana? Ada salah satunya yang jadi kebiasaan jelek Anda? Ubah sekarang juga.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi