4 Penyebab Perut Masih Terasa Lapar Meski sudah Makan Berkali-Kali

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda masih merasa lapar meski telah makan berkali-kali? Hal tersebut rupanya terjadi bukan tanpa alasan. Masih merasa lapar meskipun sudah makan berkali-kali ternyata terjadi karena beberapa faktor, yakni porsi makan, bahan makanan yang dikonsumsi, dan masih banyak lainnya.

Tentunya hal ini sangat merepotkan, sebab terus-menerus merasa lapar akan memaksa diri kita untuk terus makan. Alhasil, lonjakan berat badan pun tidak bisa diatasi. Untuk itu, jika Anda mengalami kebiasaan yang satu ini, ada baiknya Anda mengetahui apa penyebabnya sehingga bisa mengatasi dan mencari solusi segera.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab perut masih terasa lapar meski sudah makan berkali-kali:

1. Terlalu Banyak Minum Soda

Minuman bersoda memang bisa memberikan kesegaran, apalagi di saat cuaca sedang panas. Akan tetapi, minuman tersebut juga bisa menyebabkan rasa lapar. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung gula jagung fruktosa yagn tinggi sehingga menyebabkan rasa kenyang tidak bertahan lama. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan minum soda setelah makan agar rasa kenyang bisa bertahan lama.

2. Mengonsumsi Makanan Berkaleng

Mungkin Anda penggemar makanan berkaleng. Namun, perlu Anda ketahui bahwa makanan berkaleng mengandung bisphenol-A atau BPA yang sangat tinggi. Senyawa tersebut menyebabkan lonjakan abnormal pada leptin. Menurut penelitian, lonjakan leptin menyebabkan nafsu makan meningkat sehingga Anda akan terus merasa lapar dan selalu ingin makan lagi dan lagi. Kondisi tersebut akan menimbulkan masalah lain, yaitu obesitas.

3. Tidak Sarapan

Banyak yang beranggapan bahwa kenaikan berat badan bisa terjadi akibat sarapan di pagi hari, sehingga mereka yang akan menurunkan berat badan memilih untuk melewatkan waktu sarapan. Padahal anggapan tersebut salah. Pasalnya, sarapan sangat penting untuk menghindari keinginan makan dengan porsi yang banyak saat siang hari. Artinya, ketika Anda melewatkan sarapan, maka Anda akan merasa lapar di siang hari sehingga akan makan dengan porsi yang sangat banyak.

4. Tidak Minum Air Putih

Kurang minum air putih akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi atau kurang cairan. Seringkali, dehidrasi tersebut membuat perut terasa lapar. Sehingga, pada saat Anda sudah makan tapi masih merasa lapar, sebaiknya Anda minum air putih yang banyak. Maka, kemungkinan besar rasa lapar tersebut akan hilang.