5 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Dihindari

Doktersehat-cara-mengecilkan-perut

DokterSehat.Com– Memiliki perut buncit memang sangat menyebalkan. Sebab, selain bisa merusak penampilan, perut buncit juga dapat membuat seseorang menjadi risih dan terbatas ruang geraknya. Biasanya, orang dengan perut buncit akan sering lelah dan bawannya selalu ingin tiduran saja. Padahal, aktivitas sehari-hari harus dilakukan dengan tubuh yang bugar dan stamina yang tinggi.

Selain itu, perut buncit juga sangat berpotensi untuk mendatangkan berbagi masalah kesehatan, misalnya gangguan pencernaan, penyakit lambung, usus, serta tekanan darah. Sebab, bagaimanapun juga perut buncit terjadi akibat penumpukan lemak. Seperti diketahui, lemak yang menumpuk dan tidak segera dibuang akan memberikan efek negatif bagi kesehatan Anda.

Nah, untuk menghindari terjadinya perut buncit, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebabnya berikut ini.

1. Makan Berlebihan

Salah satu penyebab perut buncit adalah faktor makan yang berlebihan. Sebagaimana diketahui, makan dalam jumlah yang terlalu banyak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Dalam proses menuju gemuk, yang pertama kali merasakan efeknya adalah perut, yakni membuncit.

2. Jarang Olahraga

Selanjutnya adalah jarang berolahraga. Ya, olahraga adalah salah satu cara memangkas lemak di tubuh, termasuk perut. Dengan rutin berolahraga, maka lemak dan kalori akan terbakar secara efektif sehingga tidak ada penumpukan yang bisa memicu terjadinya perut buncit.

3. Terlalu Banyak Makan Manis

Seperti diketahui, makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan memang bisa memicu terjadinya penggemukan pada tubuh. Bahkan, pada tingkatan yang lebih parah, makanan manis juga bisa membuat seseorang mengalami obesitas. Apalagi makanan manis tersebut terbuat atau dicampur dengan pemanis buatan, maka efeknya pun akan semakin buruk.

4. Tidur Setelah Makan

Kebiasaan yang satu ini memang sangat buruk dan tidak boleh dilakukan. Selain menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ di dalam perut, tidur setelah makan juga bisa membuata seseorang menjadi tambah gemuk. Hal itu dikarenakan makanan yang dikonsumsi tidak terproses secara sempurna.

5. Terlalu Lama Duduk

Jika Anda termasuk orang yang bekerja dengan duduk seharian, maka perut buncit adalah hal yang sulit dihindari, kecuali Anda bisa mensiasatinya. Salah satu cara mencegah terjadinya penumpukan lemak pada perut adalah dengan rajin bergerak, misalnya berdiri, berjalan, ataupun peregangan di sela-sela kesibukan kerja.