7 Penyebab Perut Buncit pada Pria dan Wanita (Jarang Disadari)

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual dengan Bahan Alami

DokterSehat.Com– Tak hanya bisa membuat penampilan menjadi buruk dan menurunkan percaya diri,  perut buncit juga berkaitan dengan masalah kesehatan. Banyak orang yang sudah berusaha untuk mengatasi masalah perut buncit ini namun tidak kunjung berhasil. Apa penyebab perut buncit?

Penyebab Perut Buncit pada Pria dan Wanita

Program diet yang bisa menurunkan berat badan belum tentu bisa mengatasi masalah perut buncit. Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini.

Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Hobi mengonsumsi minuman beralkohol

Sudah menjadi rahasia umum jika hobi mengonsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Sayangnya, masih banyak orang yang mengonsumsinya karena alasan pergaulan.

Meski bentuknya cairan, dalam realitanya alkohol termasuk dalam minuman yang tinggi kandungan kalori. Jika kita mengonsumsi 12 ons bir, maka kita sudah mengonsumsi 153 kalori. Tingginya kadar kalori inilah yang kemudian bisa membuat berat badan naik dan perut membuncit.

Jika kita meminum alkohol, tubuh akan segera memetabolismenya dan akhirnya tidak mengolah lemak dari makanan lain dengan maksimal. Keberadaan lemak inilah yang kemudian menumpuk di dalam perut dan menyebabkan perut buncit.

  1. Faktor usia

Faktor usia ternyata juga berpengaruh pada kondisi perut buncit yang kita miliki. Sebagai contoh, jika kita sudah berusia lebih dari 30 atau 40 tahun, akan lebih sulit untuk mengatasi masalah kesehatan ini jika dibandingkan dengan saat usia kita jauh lebih muda. Hal ini disebabkan oleh secara alami tubuh mengalami perlambatan sistem metabolisme usai melewati usia 30-an.

Bagi kaum wanita yang sudah memasuki fase menopause, fungsi metabolisme bahkan bisa berlangsung menjadi jauh lebih lambat akibat mulai berubahnya keseimbangan hormon di dalam tubuh. Hal ini tentu akan berimbas pada semakin menumpuknya lemak di berbagai bagian tubuh, khususnya perut.

  1. Olahraga yang kurang tepat

Olahraga seperti bersepeda atau berlari memang baik bagi kesehatan tubuh, namun olahraga ini kurang tepat dalam menurunkan lingkar perut. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan olahraga kardio atau latihan kekuatan yang lebih efektif untuk memangkas lingkar perut, membakar kalori, dan lemak.

Selain itu, olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi yang dilakukan selama 250 menit per minggu juga akan lebih efektif demi mengatasi masalah perut buncit.

  1. Hobi mengonsumsi makanan olahan

Makanan olahan memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Kita tentu bisa mengonsumsi sosis, nugget, makanan kalengan, atau bahkan camilan kemasan dalam jumlah yang banyak, bukan? Masalahnya adalah makanan-makanan ini tinggi bahan kimia layaknya bahan pengawet, bahan pemanis, atau bahkan pewarna.

Keberadaan bahan kimia ini ditambah dengan adanya lemak jenuh dan garam yang berlebihan bisa membuat masalah perut buncit menjadi semakin parah.

  1. Stres

Stres yang berlebihan akibat faktor pekerjaan atau masalah lainnya bisa membuat kita makan dengan berlebihan atau memilih makanan yang tidak sehat. Hal ini tentu akan membuat berat badan susah turun dan perut terus membuncit.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur akan mengacaukan keseimbangan hormon dan sistem metabolisme tubuh. Hal ini akan berimbas langsung pada berat badan dan perut buncit yang sulit untuk diatasi.

  1. Konsumsi gula

Kebiasaan mengonsumsi minuman manis seperti teh atau kopi yang masih diberi tambahan gula, hingga minuman botolan atau minuman manis yang bisa ditemukan di pinggir jalan bisa membuat asupan kalori menjadi berlebihan. Berat badan pun sulit untuk diturunkan dan perut kita akan semakin membuncit.