11 Penyebab Penis Sakit (Bisa Mengancam Nyawa)

penyebab-penis-sakit-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda pernah atau sedang mengalami nyeri pada penis? Perlu diketahui bahwa ada sejumlah alasan mengapa si ‘Mr. P’ mengalami nyeri (mungkin juga disertai gatal dan sensasi terbakar). Lantas, apa saja penyebab penis sakit? Apakah berkaitan dengan penyakit penis?

Penyebab Penis Sakit, Apa Saja?

Anda mungkin merasa cemas manakala penis sakit, apalagi jika rasa sakitnya sudah sangat mengganggu. Namun, apakah penis yang sakit melulu berbahaya? Guna menjawab kekhawatiran tersebut, berikut adalah sejumlah penyebab penis sakit yang perlu Anda ketahui dan waspadai:

1. Cedera Penis

Penis bisa cedera? Tentu saja bisa. Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan penis Anda mengalami cedera hingga berujung pada rasa sakit yang tak jarang, amat mengganggu, yaitu:

  • Aktivitas seks yang kasar
  • Kecelakaan
  • Luka bakar
  • Memasukkan benda asing pada penis (cth: cincin)

Apabila Anda merasakan penis sakit setelah mengalami atau melakukan hal-hal di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan lanjutan.

2. Infeksi Menular Seksual

Penyebab penis sakit selanjutnya adalah adanya penyakit penis atau infeksi kelamin. Pada umumnya diakibatkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat dan aman, seperti berhubungan seks tanpa menggunakan kondom atau berganti-ganti pasangan.

Penyakit penis yang dimaksud seperti:

  • Gonore
  • Herpes genital
  • Klamidia
  • Raja singa (sifilis)

3. Infeksi Saluran Kemih

Di samping infeksi menular seksual, infeksi saluran kemih juga menjadi penyebab penis sakit yang Anda alami.

Ya, kendati masalah kesehatan yang satu ini lebih umum dialami oleh wanita, bukan berarti pria tidak berisiko mengalaminya.

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri E. Coli. Bakteri ini hidup di saluran pencernaan, namun ada kalanya bisa menyebar sampai saluran kemih. Sejumlah faktor yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih seperti:

  • Kebersihan penis yang tidak terjaga dengan baik
  • Saluran kemih tersumbat
  • Penis yang tidak disunat 
  • Prostat yang membesar
  • Perilaku seksual menyimpang (cth: seks anal)
  • Berhubungan seksual dengan wanita yang menderita infeksi saluran kemih

4. Balanitis

Penis yang tidak dijaga kebersihannya dengan baik juga bisa menjadi penyebab penis sakit. Pasalnya, penis yang ‘kotor’ rentan mengalami pelbagai penyakit penis yang ditandai dengan rasa nyeri atau gatal yang cukup mengganggu.

Salah satu jenis penyakit penis akibat tidak menjaga kebersihan si ‘Mr. P’ adalah balanitis. Balanitis adalah kondisi di mana terjadi infeksi pada area kepala penis atau kulup penis bagi mereka yang belum disunat.

Siapa saja bisa terserang balanitis apabila:

  • Tidak mencuci penis dengan benar (utamanya sehabis berkemih)
  • Mengalami reaksi alergi
  • Melakukan hubungan seksual yang tidak aman
  • Terinfeksi jamur

Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan penis dengan rutin mencucinya secara benar. Informasi mengenai cara mencuci alat kelamin yang baik dan benar bisa Anda temukan di sini.

5. Priapismus

Jika selama ini Anda sudah akrab dengan penyakit penis bernama ‘impotensi’, maka Anda juga harus tahu ada masalah kesehatan penis lainnya yang justru kontradiktif.

Penyakit tersebut bernama priapismus. Jika penis pria ‘impoten’ mengalami kesulitan untuk ereksi, maka yang terjadi pada pria pengidap priapismus adalah sebaliknya, yakni penis terus-menerus ereksi bahkan saat tidak mendapat rangsangan seksual. Kondisi ini menjadi penyebab penis sakit oleh karena ‘tegangan tinggi’ yang dialami penis.

Priapismus harus segera ditangani karena jika tidak, risikonya adalah kerusakan pada penis yang sifatnya permanen. Lalu, apa yang menyebabkan seseorang mengidap priapismus? Sejumlah faktor berikut diklaim menjadi ‘biang keladinya’, yaitu:

  • Cedera penis
  • Pembekuan darah di area penis
  • Penyakit darah (anemia, leukimia, dsb.)
  • Masalah kesehatan mental
  • Penggunaan obat perangsang ereksi
  • Penggunaan obat anti-depresan
  • Penyalahgunaan narkoba
  • Konsumsi minuman beralkohol

6. Fimosis

Fimosis adalah penyebab penis sakit yang umumnya dialami oleh anak-anak (tak menutup kemungkinan orang dewasa turut mengalaminya).

Fimosis adalah kondisi ketika kulup penis menjadi sangat ketat sampai-sampai sulit untuk ditarik dari ujung kepala penis. Melihat hal tersebut, wajar jika fimosis ini mengakibatkan penis sakit. Segera kunjungi dokter untuk mencari solusi penanganan penyebab penis sakit yang satu ini.

7. Parafimosis

Selain fimosis, ada juga kondisi yang dinamakan parafimosis dan ini juga menjadi penyebab penis sakit yang menimpa Anda.

Jika pada fimosis kulit kulup penis sulit ditarik, maka parafimosis ini menyebabkan kulit penis yang ditarik tidak bisa kembali ke posisi semula yaitu menutupi kepala penis. Parafimosis mengakibatkan penderitanya sulit berkemih sehingga harus segera ditangani agar tidak semakin mengganggu.

8. Peyronie

Peyronie adalah penyakit penis yang juga turut menjadi penyebab penis sakit. Peyronie diakibatkan oleh jaringan parut (plak) yang melintang di bagian atas atau bawah dari batang penis. Kondisi ini berdampak pada sulitnya penis untuk ereksi dan tak terkecuali, penis sakit.

Selain penis sulit ereksi dan penis sakit, peyronie bisa menyebabkan penderitanya mengalami perdarahan pada penis, utamanya saat penis sedang ereksi dan membentur sesuatu.

Selain karena adanya plak, peyronie juga dipicu oleh gangguan pada pembuluh darah dan jaringan ikat penis. Segera kunjungi dokter untuk mengobati kondisi ini.

9. Penyakit Batu Ginjal

Penis sakit, terutama di bagian ujungnya juga bisa menjadi pertanda adanya suatu penyakit, salah satunya penyakit batu ginjal yang tersangkut pada ujung saluran kencing 

Anda yang memang mengidap penyakit batu ginjal sangat mungkin untuk merasakan sakit pada penis yang turut diiringi oleh rasa sakit di perut bagian bawah.

10. Kanker

Walaupun kasusnya sangat jarang terjadi, penis bisa saja mengalami kanker. Penis sakit adalah salah satu gejala yang dirasakan oleh para penderita kanker penis atau kanker kelamin ini.

Penyakit penis yang sangat berbahaya ini dipicu oleh sejumlah faktor risiko, yaitu:

  • Penis tidak disunat
  • Kurang menjaga kebersihan kulup penis
  • Infeksi Human Papillovirus (HPV)
  • Merokok

Apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kanker kelamin, Anda bisa tanyakan langsung kepada dokter.

11. Torsio Testis

Tak hanya pada penis, gangguan pada anggota tubuh lainnya di sekitar penis juga turut menjadi penyebab penis sakit. Torsio testis adalah salah satunya.

Torsio testis disebabkan oleh terpelintirnya testis sehingga aliran darah di dalamnya menjadi tidak lancar. Torsio testis membuat testis terasa nyeri yang lantas bisa menjalar sampai area batang penis.

Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami torsio penis ini agar bisa dilakukan penanganan medis. Pengobatan torsio penis yang terlambat bisa mengancam keselamatan jiwa Anda.

Cara Mengobati Penis Sakit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab penis sakit ada berbagai macam. Oleh karena itu, cara mengobati penis sakit harus disesuaikan dengan kondisi yang menjadi penyebabnya.

Sebagai contoh, apabila penis sakit disebabkan oleh penyakit sifilis, maka menyembuhkan penyakit kelamin yang dikenal dengan istilah ‘Raja Singa’ ini secara otomatis akan meredakan sakit pada penis penderitanya.

Sejumlah cara mengobati penis sakit yang umum dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi obat-obatan antibiotik (untuk penis sakit akibat infeksi)
  • Suntik obat-obatan (untuk kasus seperti peyronie)
  • Kuras darah / mengeluarkan darah yang menumpuk pada penis (untuk kasus priapismus)
  • Kompres kepala penis dengan es (untuk kasus parafimosis)

Tindakan operasi juga mungkin saja dilakukan apabila penyebab penis sakit adalah penyakit-penyakit seperti batu ginjal dan sebagainya.

Mengingat nyeri pada penis disebabkan oleh kondisi yang cukup serius, sebaiknya hindari mengobati penis sakit tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cara Mencegah Penis Sakit

Melihat daftar penyebab penis sakit yang  dipaparkan di atas, kondisi ini lebih banyak diakibatkan oleh abainya kita terhadap kebersihan penis, pun kebiasaan melakukan aktivitas seks yang tidak sehat dan aman.

Jika Anda bertanya bagaimana cara mencegah penis sakit, maka jawabannya sudah jelas yakni dengan menghindari faktor-faktor pemicu penyakit penis tersebut.

  • Menjaga kebersihan penis dengan cara rutin membersihkan penis dengan benar setiap habis berkemih atau berhubungan seks
  • Menerapkan aktivitas seks yang aman (memakai kondom, tidak berganti-ganti pasangan)
  • Makan makanan bergizi, terutama yang bermanfaat untuk kesehatan penis
  • Olahraga teratur

Itu dia informasi mengenai penyebab penis sakit yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Informasi yang tertulis tidak bisa dijadikan acuan semata. Selalu konsultasikan kesehatan Anda pada dokter untuk jawaban terbaiknya. Semoga bermanfaat!

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Adebowale, T. (2019). 8 Kinds of Penis Pain, Explained. Men’s Health. https://www.menshealth.com/sex-women/a19537923/penis-pains/ [diakses pada 22 Agustus 2019]
  2. McGurgan, H. (2016). What Causes Pain in Penis. Healthline. https://www.healthline.com/symptom/pain-in-penis [diakses pada 22 Agustus 2019]
  3. Penis health: Identify and prevent problems. Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/mens-health/in-depth/penis-health/art-20046175 [diakses pada 22 Agustus 2019]