Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tulang adalah salah satu organ tubuh dengan struktur keras serta kaku yang membentuk kerangka manusia. Tulang sendiri berfungsi sebagai penopang serta membentuk tubuh manusia dan melindungi organ vital lainnya dari gangguan luar. Tulang sendiri bisa bergerak karena otot sehingga kedua hal ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Selain Usia, Inilah Penyebab Keroposan Pada Tulang

Begitu pentingnya tulang membuat setiap orang wajib menjaganya. Sebab, ada berbagai macam masalah kesehatan pada tulang yang kerap menghantui setiap orang, salah satunya adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Pengeroposan tulang ini biasanya dikarenakan oleh faktor usia, yang mana semakin bertambah usia seseorang maka semakin lemah pula kemampuan tulangnya. Namun, selain faktor tersebut, ada lagi faktor lain yang bisa mempercepat terjadinya pengeroposan tulang yang harus Anda waspadai, berikut diantaranya:

1. Kurang Kalsium

Salah satu penyebab pengeroposan tulang adalah kurangnya kalsium. Sebab, kalsium merupakan nutrisi penting untuk memenuhi dan menjaga tulang secara alami. Anda bisa mendapatkan kalsium dari berbagai jenis makanan sehat seperti keju, susu, yoghurt, almond, dan sebagainya. Usahakan untuk mencukupi kalsium sedini mungkin agar tidak mengalami pengeroposan ketika bertambah usia.

2. Jarang Olahraga

Olahraga adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dengan gerakan-gerakan tertentu sehingga tulang Anda menjadi terlatih dan tidak statis. Olahraga dipercaya bisa menguatkan tulang secara alami, apalagi olahraga yang mengandalkan kekuatan tulang, seperti berjalan, bersepeda, dan sebagainya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol memang tidak ada manfaatnya sama sekali. Banyak pakar kesehatan yang menganjurkan agar setiap orang tidak terlalu sering mengonsumsi alkohol karena bisa memicu datangnya berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya adalah pengeroposan tulang.

4. Merokok

Dalam satu batang rokok, terdapat segudang senyawa serta zat kimia yang sangat merugikan. Rokok bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari kanker, stroke, jantung, hingga pengeroposan tulang. Untuk itu, kurangi merokok demi menjaga kesehatan tulang Anda sebelum terlambat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi