5 Hal yang Menyebabkan Payudara Mudah Kendur

penyebab-payudara-kendur-doktersehat

DokterSehat.Com – Bagian tubuh yang paling disukai dan dibanggakan oleh wanita adalah payudaranya. Dengan memiliki payudara yang proporsional dan juga kencang, mereka bisa dengan mudah memilih pakaian. Apa saja yang digunakan akan membentuk lekuk tubuh yang sangat indah sehingga wanita jadi lebih percaya diri.

Dengan efek yang besar ini, banyak wanita terobsesi membuat payudaranya menjadi lebih kencang dan indah. Sayangnya, payudara wanita mudah sekali mengalami penurunan dan menjadi kendur. Kalau sudah kendur, wanita tidak akan nyaman untuk mengenakan pakaian ketat atau saat melakukan seks dengan pakaian.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan payudara dari kendur dan cara untuk mencegahnya.

  1. Salah postur tubuh

Postur tubuh juga memengaruhi kendur atau tidaknya payudara yang dimiliki oleh wanita. Oleh karena itu, wanita tidak disarankan untuk duduk, berdiri, berjalan, atau tidur dengan posisi tidak benar dan cenderung membungkuk. Kalau hal ini terjadi, payudara akan mengendur dengan sendirinya.

Kalau wanita ingin memiliki dada yang kuat dan kencang, usahakan untuk membiasakan diri memilih posisi tegap. Awal membiasakan diri untuk mendapatkan postur tegak mungkin akan sulit. Namun, setelah beberapa minggu akan terbiasa sendiri dan terasa nyaman.

  1. Jarang berolahraga atau terlalu sering

Jarang melakukan olahraga akan membuat otot di sekitar payudara mengendur dengan sendirinya. Kondisi ini memicu terjadinya penurunan kekencangan dan memicu payudara jadi menggelambir ke bawah. Agar kondisi ini tidak terjadi, wanita disarankan untuk berolahraga rutin dengan fokus otot dada.

Meski olahraga bisa membuat payudara menjadi kencang. Melakukan olahraga berlebihan justru membuat dada jadi kendur. Olahraga jenis ini adalah jogging, basket, atau jenis olahraga kardio lainnya. Kalau Anda tidak ingin memiliki payudara yang kendur, ada baiknya untuk menggunakan jenis bra khusus.

  1. Merokok dan minum alkohol

Rokok dan juga alkohol mengandung banyak racun untuk tubuh. Merokok terlalu banyak atau minum alkohol berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada tubuh. Gangguan ini bisa berupa impotensi pada pria dan kendurnya payudara pada wanita yang terjadi perlahan-lahan.

Hentikan konsumsi alkohol dan ganti dengan aneka jus sehat. Selanjutnya kurang rokok perlahan-lahan lalu hentikan kalau sudah siap.

  1. Salah memilih bra

Membeli bra bukanlah pekerjaan yang mudah. Wanita harus tahu seberapa besar ukuran payudaranya sehingga bisa mendapatkan nomor yang tepat. Kalau ukuran payudara terlalu besar dan memilih bra yang kecil, rasa sakit akan terasa dan wanita kerap tidak bisa bernapas dengan lega.

Sebaliknya, saat wanita memiliki payudara yang tidak terlalu besar, tapi branya terlalu kendur, rasa sakit akan terasa saat bergerak atau berlari. Payudara tidak akan memiliki topangan di bawah sehingga kemungkinan menjadi kendur akan besar.

  1. Berat badan terus mengalami perubahan

Wanita yang memiliki berat badan fluktuatif seperti mudah mengalami kenaikan berat badan dan penurunan yang instan bisa menyebabkan payudara kendur. Payudara berisi banyak sekali lemak di bagian bawah kulit. Kalau wanita menjadi kurus, lemak akan menurun termasuk di area itu sehingga kemungkinan jadi kendur akan tinggi.

Cara terbaik untuk mencegah kondisi ini bisa dilakukan dengan mencegah kenaikan dan penurunan berat badan secara instan. Pertahankan kebutuhan kalori harian agar tubuh selalu terjaga. Kalau payudara sudah terlanjur kendur, lakukan olahraga dengan rutin dan tidak berlebihan agar kencang dengan sendirinya.

Dari lima hal di atas, mana saja yang berpeluang besar menyebabkan payudara kendur pada semua orang? Semoga kita semua bisa menjaga payudara dengan baik agar selalu kencang dan fungsinya tidak menurun.