Pantat dan Selangkangan Sering Gatal, Waspadai Penyakit Ini

pantat-gatal-dan-ruam-doktersehat

DokterSehat.Com – Gatal yang terasa mengganggu di area kemaluan mungkin akan langsung diatasi karena Anda tidak ingin ada gangguan seksual dan reproduksi. Namun, kalau ada gangguan di area selangkangan dan pantat, mungkin beberapa orang akan tidak acuh, khusus pria yang merasa hal itu tidak akan mengganggu kehidupannya.

Apa yang terjadi di area pantat dan selangkangan sebenarnya tidak boleh diabaikan begitu saja. Pertama, are pantat susah sekali dibersihkan atau dilihat dengan mata sendiri. Kedua, area ini dekat dengan kemaluan. Jadi, peluang terjadi masalah di penis atau vagina masih ada kala sudah parah.

Nah, agar kita tidak sembrono dengan kondisi gatal di pantat dan selangkangan, kenali penyebabnya di bawah ini.

  1. Eksim

Eksim tidak hanya terjadi di kulit tangan atau kaki saja. Kondisi yang menyebabkan kulit jadi kering, memerah, pecah-pecah, gatal, dan mengeluarkan darah ini juga terjadi di area pantat. Kalau kondisi eksim sudah parah biasanya akan menyebar ke mana-mana. Bahkan, eskim bisa menyebar ke selangkangan dan kemaluan.

Eksim terjadi pada bokong karena ada iritasi akibat penggunaan sabun atau perlengkapan mandi lainnya. Selain itu, detergen yang digunakan untuk mencuci celana dalam juga bisa menyebabkan kondisi ini. Terakhir, dudukan toilet yang kotor serta area pantat yang tidak dibilas dan dilap hingga kering juga menjadi pemicunya.

  1. Wasir

Wasir adalah pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah yang ada di rektum dan permukaan anus. Pembengkakan ini terjadi karena ada infeksi atau karena kondisi tubuh yang terlalu capai. Pembuluh darah yang membesar ini bisa pecah dengan sendirinya saat pria atau wanita buang air besar.

Selain menyebabkan rasa sakit yang cukup kuat, area bokong juga akan merasakan gatal meski di area agak dalam. Rasa gatal ini cukup mengganggu dan bisa membuat Anda tidak nyaman untuk sekadar duduk saja. Oh ya, wasir yang sudah parah bisa juga menyebabkan perdarahan yang hebat.

  1. Herpes

Herpes disebabkan oleh virus yang berbahaya dan tidak bisa disembuhkan. Sekali virus masuk ke dalam tubuh, selamanya akan hidup di sana. Yang bisa dilakukan oleh penderita herpes adalah menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik agar bentol kecik-kecil dengan warna merah itu tidak menyebar hingga ke bokong.

Kalau herpes sudah menyebar di bokong, gangguan yang signifikan akan terjadi dan menyebabkan pria atau wanita sering demam, ngilu, hingga kondisi badan yang terus menurun.

  1. Infeksi jamur

Infeksi jamur tidak hanya terjadi di vagina saja. Infeksi juga menyebar ke bagian kulit lain khususnya bokong yang jarang dibersihkan. Infeksi jamur akan menyebabkan kulit jadi mengalami inflamasi, gatal, dan kadang terasa sakit saat bergesekan dengan celana dalam.

Kondisi yang cukup berbahaya ini bisa terjadi karena pria dan wanita tidak bisa menjaga sanitasi tubuhnya. Misal tidak rutin mengganti celana dalam setiap harinya.

  1. Psoriasis

Psoriasis adalah gatal yang sering sekali terjadi di area siku dan juga lutut. Gatal ini muncul dalam bentuk ruam merah yang ada sisik putihnya. Kalau disentuh atau terkena panas, area itu akan terasa gatal yang cukup kuat. Kalau sudah gatal, biasanya Anda akan tidak tahan dan menggaruknya.

Selain di siku, psoriasis yang membuat kulit jadi tipis dan mudah sekali mengalami perdarahan iniĀ  juga muncul di bokong. Munculnya psoriasis ini akan menyebabkan area bokong mudah gatal dan permukaannya kadar. Ruam ini bisa membesar dan akhirnya menjalar ke area selangkangan.

Semoga ulasan di atas membantu kita semua untuk mencegah rasa gatal di area bokong dan selangkangan.