Penyebab Nyeri Pada Jari-Jari Tangan

Doktersehat-jari-tangan-sakit

DokterSehat.Com – Umumnya nyeri sendi jari tangan atau jari tangan sakit diakibatkan oleh penyakit rematik. Meski demikian, tidak semua jari tangan sakit dan ujung jari tangan sakit selalu akibat penyakit rematik.

Rematik merupakan peradangan bagian dalam kapsul sendi karena adanya antibodi abnormal yang justru menyerang bagian tubuh sendiri, yakni kapsul sendi. Penyakit rematik memang kerap menyerang sendi-sendi jari-jari yang mengakibatkan jari tangan sakit, ujung jari, pergelangan, hingga telapak tangan sakit.

Biasanya penyakit ini menyerang lebih dari tiga sendi dan mengenai kedua tangan secara simetris pada waktu yang bersamaan. Jarang sekali penyakit ini mengakibatkan nyeri pada satu sendi saja.

baca juga: Apakah Panjang Jari Tangan Tentukan Kesuburan Pria?

Penyebab Jari Tangan Sakit

Selain rematik ada beberapa penyakit lain yang lebih sering mengakibatkan nyeri sendi di daerah tangan ketimbang penyakit rematik, yakni penyakit trigger finger, carpal tunnel syndrome, dan penyakit de Quervain. Ketiga penyakit ini lebih sering dialami wanita ketimbang pria.

Penyakit trigger finger disebabkan oleh terjepitnya otot jari-jari di daerah telapak tangan. Gejala yang biasa dialami adalah nyeri pada pangkal jari tangan, sakit jari tangan terutama saat menggenggam. Jari seperti ‘tersangkut’ ketika dilipat dan nyeri saat diluruskan kembali.

Penyakit De Quervain muncul karena terjepitnya otot ibu jari tangan. Nyeri terasa di daerah pergelangan tangan di sebelah atas pangkal ibu jari atau pada ujung jari tangan sakit. Rasa nyeri muncul saat tangan digunakan untuk menggenggam atau mengangkat sesuatu, seperti gayung untuk mandi.

Sementara Carpal tunnel syndrome (CTS) disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan. Gejala CTS yang lebih menonjol dibanding rasa nyeri adalah rasa tebal dan kesemutan pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan manis, sedangkan jari kelingking tidak mengalami gejala semacam itu. Ketiga penyakit tersebut lebih sering menyebabkan jari tangan sakit ketimbang rematik dan asam urat.

Penyebab Jari Tangan Sakit Lainnya

Jari tangan sakit atau kaku di pagi hari dapat disebabkan oleh berbagai masalah pada sendi atau saraf. Guna mendapatkan diganosis yang tepat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Seperti dijelaskan sebelumnya, penyebab tersering munculnya masalah ini adalah arthritis atau dikenal dengan dengan rematik

Penyakit ini memengaruhi tubuh, seperti sendi lengan, pergelangan tangan, jari tangan dan kaki. Gejala biasanya paling parah terjadi di pagi hari dan umumnya menyerang kedua tangan. Selain itu, masalah saraf juga dapat menyebabkan kekakuan pada jari tangan yang disertai dengan mati rasa atau kesemutan.

Jari tangan sakit ini timbul akibat dari banyak faktor mulai dari genetik sampai pada gaya hidup. Salah satu teori mengatakan, gangguan ini terjadi akibat dari sel darah putih yang berpindah dari aliran darah ke membran yang berada disekitar sendi.

Selain beberapa penyebab jari tangan sakit seperti yang dijelaskan di atas, terdapat hal lain yang bisa menyebabkan sendi jari tangan sakit, telapak tangan sakit atau jari tangan sakit, di antaranya:

  • Osteoarthritis

Osteoarthritis atau radang sendi yang menyerang bagian tangan dapat menimbulkan jari tangan sakit di tiga bagian jari Anda. Seperti pada bagian tengah sendi jari, sendi yang paling dekat dengan ujung jari, serta pangkal ibu jari.

Jika Anda mengalami osteoarthritis pada bagian tangan, Anda akan mengalami jari tangan kaku, bengkak, sakit, bahkan benjolan dapat muncul pada bagian sendi jari yang kaku. Rasa sakitnya mungkin dapat berangsur menghilang, tapi bengkak dan benjolan di bagian sendi dapat menetap.

baca juga: Jari Tangan Tiba-Tiba Membengkak, Ternyata Ini Penyebabnya

  • Pirai

Pirai merupakan salah satu jenis radang sendi yang dapat menimbulkan rasa perih, sendi menjadi membengkak hingga rasa kaku. Pirai yang tidak mendapatkan penanganan dalam waktu yang lama dapat merusak tendon, sendi, dan bagian jaringan lainnya. Pirai umumnya terjadi pada pria.

Selain itu, pirai disebabkan oleh asam urat yang terlalu banyak di dalam aliran darah dan juga dapat terjadi jika Anda memiliki berat badan berlebih, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, dan terlalu banyak konsumsi daging sapi.

 

  • Asam urat

Meski jarang terjadi, jari tangan sakit atau nyeri sendi di jari tangan bisa juga disebabkan karena kadar asam urat berlebih yang di dalam persendian, termasuk yang ada di pergelangan tangan. Selain nyeri, kondisi ini juga bisa menimbulkan pembengkakan.

  • Mengulangi gerakan yang sama dalam waktu yang lama

Aktivitas yang dilakukan berulang-ulang tanpa henti seperti mengetik, menyetir, hingga beberapa gerakan olahraga tertentu, dapat mengakibatkan peradangan pada jaringan sendi hingga patah tulang.

  • Trauma

Jika Anda jatuh dengan posisi pergelangan yang salah, hal itu dapat mengakibatkan keseleo, jari tangan sakit, hingga patah tulang. Guna melihat penyebab pasti biasanya membutuhkan metode tambahan seperti X-ray.

  • Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah kondisi perdangan pada pergelangan tangan yang terjadi karena kelainan daya tahan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Biasanya, kondisi ini dapat mengakibatkan jari tangan sakit atau kedua pergelangan tangan merasa nyeri.

  • Osteoarthritis

Meski jarang terjadi, kondisi ini dapat mengakibatkan jari tangan sakit, sendi terasa kaku hingga bengkak akibat tulang rawan memburuk. Hal ini biasa terjadi pada penderita dengan pergelangan tangan yang sering cedera.

  • Penyakit Kienbock

Kelainan ini biasa terjadi pada remaja dengan penurunan fungsi tulang kecil pada pergelangan tangan. Kondisi ini disebabkan oleh minimnya sirkulasi darah pada tulang tersebut.

  • Kista ganglion

Tumor jinak pada jaringan lunak ini biasa menyerang bagian atas pergelangan tangan, hingga penderita merasa nyeri dalam jangka waktu yang lama.

Nah, itulah penyebab jari tangan sakit yang harus Anda tahu. Guna mencegah nyeri sendi jari tangan kembali menyerang, istirahatkan jari tangan atau pergelangan tangan yang nyeri. Gunakan es untuk mengompres dan letakan pada jari tangan sakit atau pergelengan yang cedera di alas yang empuk.