Mengapa Nyamuk Suka Terbang Dekat dengan Telinga?

doktersehat-nyamuk-demam-berdarah

DokterSehat.Com– Nyamuk sudah dikenal luas sebagai serangga yang sangat mengganggu. Tak hanya suka menggigit darah manusia sehingga memicu datangnya bentol-bentol pada kulit, nyamuk juga terkadang bisa membuat kita sulit tidur karena terus terbang dekat dengan telinga. Sebenarnya, apa sih penyebab dari kecenderungan nyamuk terbang dekat dengan telinga ini?

Hal pertama yang membuat nyamuk suka terbang dekat dengan telinga adalah suhu telinga kita yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Padahal, nyamuk memiliki kemampuan untuk mendeteksi suhu panas dan suka terbang dekat dengan suhu yang lebih hangat.

Hal lain yang membuat nyamuk suka terbang dekat dengan telinga kita adalah aroma dan kelembapan tubuh kita yang memang cenderung disukai oleh serangga berukuran kecil ini. Kelenjar keringat yang ada di dekat dengan telinga dan tertutup oleh rambut ternyata memiliki aroma dan kelembapan yang bisa menarik perhatian nyamuk. Karena alasan ini pulalah terkadang kepala kita dikerubungi nyamuk atau serangga lainnya saat berada di luar rumah.

Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa kecenderungan nyamuk suka terbang dekat dengan telinga kita adalah karena adanya gas karbondioksida yang kita keluarkan saat bernapas. Nyamuk yang sangat suka dengan gas ini adalah nyamuk betina. Sayangnya, terbangnya nyamuk betina dekat dengan telinga kita juga cenderung lebih sering diikuti dengan nyamuk jantan. Hal inilah yang membuat nyamuk seakan-akan tak kunjung pergi dari telinga kita.

Mengingat nyamuk bisa membawa bibit penyakit berbahaya, ada baiknya memang kita selalu aktif membersihkan rumah, tidak menggantung baju dengan sembarangan yang bisa menjadi sarang nyamuk, dan melakukan berbagai cara demi mencegah perkembangbiakannya.