Sering Ngiler Saat Tidur? Inilah 5 Penyebabnya

penyebab-ngiler-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Ada berbagai macam masalah atau gangguan yang bisa dialami seseorang ketika sedang tertidur pula. Adapun berbagai masalah itu mulai dari mendengkur, menggesek gigi, hingga ngiler. Namun, yang banyak terjadi dan sangat menyebalkan adalah ngiler.

Bagaimana tidak, selain membuat malu, ngiler juga bisa membuat bantal serta alat tidur lainnya menjadi bau. Bahkan, terkadang bau itu susah hilang walau sudah dibersihkan sehingga membuat tidur menjadi tak nyaman. Sebenarnya, apa yang menyebabkan seseorang menjadi ngiler? Apakah ada sebuah penyakit tertentu? Mari simak informasinya berikut ini.

Dalam sebuah kajian ilmiah yang diterbitkan dalam British Journal of Medical Practitioners, ngiler dijelaskan sebagai sebuah reaksi alamiah tubuh ketika produksi air liur berlebihan sehingga mulut tak mampu menahan dan akhirnya memuntahkannya. Lebih detail lagi, dijelaskan bahwa terjadi disfungsi koordinasi antara mekanisme fungsi mulut saat tidur. Maka dari itu, penumpukan air liur yang drastis tersebut tak dapat dibendung.

Namun, sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang menjadi suka ngiler, bahkan setiap hari. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab tersebut:

1. Alergi

Alergi bisa berupa rhinitis atau alergi lainnya, misal makanan serta bahan dari alat tidur yang membuat produksi air liur menjadi super berlebihan. Maka dari itu, Anda harus mencari tahu alergi yang dialamiĀ  tubuh Anda.

2. Infeksi Sinus

Selanjutnya adalah infeksi saluran pernapasan, misalnya sinus. Sebab, sinus bisa membuat seseorang menjadi susah bernapas hingga menelan. Akibatnya, produksi air liur menjadi susah ditelan dan akhirnya dimuntahkan saat sedang tidur.

3. Efek Obat-Obatan

Bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan, apalagi yang mengandung kimia, biasanya ngiler tidak dapat dihindari. Hal itu dikarenakan adanya peningkatan produksi saliva serta reaksi yang menarik liur lebih banyak dari efek samping obat tersebut.

4. Infeksi Tonsillitis

Ketika Anda mengalami infeksi tonsillitis, maka akan membuat tonsil menjadi membengkak dan meradang. Letak tonsil sendiri berada pada belakang tenggorokan sehingga membuat tenggorokan sempit dan susah menelan air liur.

5. Posisi Tidur

Hal ini yang termasuk paling penting. Sebab, bagaimanapun juga posisi tidur sangat memengaruhi keluarnya air liur. Jadi, jika Anda tidur tengkurap atau menyamping, maka perbaiki posisi tidur Anda menjadi terlentang akan air liur tidak keluar dari mulut Anda.