DokterSehat.Com– Tidur merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan oleh setiap orang. tersebPasalnya, tidur merupakan cara alami tubuh dalam membuang racun serta masalah kesehatan yang mengancam. Tak bisa ditawar, normalnya waktu tidur seseorang haruslah mencapai delapan. Sebab, dengan delapan jam tersebut, tubuh akan mampu beristirahat secara total, sehingga keesokan harinya dapat beraktivitas kembali.

doktesehat-susah-orgasme

Karena fungsi tidur adalah sebagai pembuang racun secara alami, maka tak heran jika selepas bangun tidur, biasanya akan terjadi tanda-tanda aneh pada tubuh  yang sifatnya sementara. Tanda-tanda tersebut bisa berupa sakit tenggorokan, hidung pilek, keluarnya kotoran mata, dan sebagainya.

Namun, ada satu lagi tanda yang muncul pada tubuh saat bangun tidur, yakni munculnya ruam. Pernahkah Anda mengalaminya? Ya, telah banyak terjadi dan tentunya membuat sebagian besar orang menjadi bingung, mengapa tiba-tiba muncul ruam di beberapa bagian tubuh setelah bangun tidur.

Untuk lebih jelasnya, inilah penyebab kemunculan ruam tersebut:

1. Kurang Vitamin

Salah satu penyebab munculnya ruam saat bangun tidur adalah kekurangan vitamin. Sebab, vitamin sendiri berfungsi sebagai pembantu dalam produksi darah serta mempercepat penyembuhan luka. Oleh karenanya, jika tubuh kekurangan vitamin akan menyebabkan peradangan yang biasanya diawali dengan kemunculan ruam terlebih dahulu.

2. Penuaan

Kemunculan ruam pada organ tubuh saat bangun tidur juga bisa menjadi pertanda awal dari penuaan. Sebab, ketika penuaan terjadi, maka struktur serta jaringan pada kulit akan menipis sehingga terjadi ruam berwarna kemerahan. Namun, Anda tak perlu khawatir, kemunculan ruam ini hanya sementara dan akan hilang dengan sendirinya.

3. Diabetes

Munculnya ruam saat bangun tidur juga bisa disebabkan terjadinya gejala diabetes. Umumnya ruam tersebut akan terjadi pada bagian kaki karena sirkulasi darah terganggu. Untuk memastikannya lebih baik Anda segera pergi ke dokter sebelum terlambat.