Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bunda, pernahkah si kecil mengeluh bahwa kulit kepalanya gatal dan rambutnya sering rontok? Jika anak Anda sering mengeluh bahwa kulit kepalanya gatal, bisa jadi hal ini disebabkan oleh ketombe. Jika tidak diatasi dengan baik, ketombe dapat menyebabkan kerontokan rmabut parah dan anak tidak percaya diri.

Penyebab Munculnya Ketombe pada Anak

Apa itu ketombe?

Ketombe atau seborrheic dermatitis merupakan masalah kulit kepala yang umum terjadi pada anak. Ketombe menyebabkan kulit kepala terkelupas dan menyebabkan timbulnya serpihan-serpihan berwarna putih atau kekuningan. Ketombe tidak hanya terjadi di kulit kepala, namun di bagian tubuh lain yang berminyak seperti alis mata, telinga, selangkangan dan leher. Pada beberapa kasus, ketombe dapat menyebabkan kemerahan dan gatal yang sangat mengganggu.

Penyebab ketombe pada anak

Dilansir dari Mom Junction, ada beberapa penyebab munculnya ketombe pada anak, di antaranya:
1. Malassezia
Malassezia adalah sejenis jamur yang ada di kulit kepala manusia. Perubahan hormon pada balita membuat pertumbuhan jamur ini semakin banyak dan membentuk serpihan putih di kulit kepala. Produksi minyak di kulit kepala yang berlebih juga dapat memicu pengendapan jamur jenis ini.

2. Eksim
Eksim adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh endapan jamur pada kulit kepala. Eksim umumnya bersifat keturunan, jika Anda memiliki eksim kemungkinan anak Anda juga akan mengalaminya.

3. Dermatitis kontak
Dalam beberapa kasus, beberapa penggunaan produk rambut kimia dapat menyebabkan dermatitis kontak yang menyebabkan terbentuknya ketombe pada anak-anak. Beberapa gejala di antaranya kulit kepala mengelupas dan gatal-gatal. Hentikan penggunaan produk kimia jika kulit kepala anak menunjukkan reaksi tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Kebiasaan tidak higienis
Pada anak yang malas keramas atau mencuci rambut, umumnya kulit kepalanya menjadi lebih mudah kering dan terkelupas. Sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit kepala sehingga memicu munculnya ketombe.

Cara mengatasi ketombe pada anak

Umumnya ketombe pada anak dapat diatasi dengan menggunakan sampo yang tepat dan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Anda mungkin perlu menggunakan dua jenis sampo yaitu sampo anti ketombe dan sampo yang bertujuan untuk melembutkan rambut. Jika ketombe tidak dapat diatasi dengan penggunaan sampo anti ketombe, Anda bisa memeriksakan kondisi ini ke dokter.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi