Penyebab Munculnya Jerawat Dewasa

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

DokterSehat.Com– Jerawat tidak hanya hadir pada mereka yang berusia remaja. Masalah ini juga dapat muncul pada usia dewasa. Mengetahui apa yang menyebabkan munculnya jerawat dewasa akan membantu Anda mengatasi jerawat tersebut dengan lebih baik.

1. Perubahan hormon

Fluktuasi hormon dapat menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat dewasa. Hormon androgen dapat mempengaruhi munculnya jerawat kistik yang dalam dan menyakitkan di sekitar dagu, leher dan punggung.

2. Stres

Stres juga dapat mempengaruhi perubahan hormon. Saat anda stress, tubuh melepaskan hormon kortisol untuk membantu tubuh menghadapi stres tersebut. Sayangnya, sedikit testosterone ikut keluar bersama kortisol. Pada wanita, hormon ini dapat memicu kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak yang mengakibatkan timbulnya jerawat.

3. Polusi

Polusi udara juga berkontribusi dengan kondisi kulit, apalagi jika Anda tinggal di kota besar. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membersihkan wajah setelah beraktifitas seharian di luar ruangan.

4. Produk yang salah

Tidak semua produk perawatan kulit baik untuk Anda. Kulit berminyak dan kombinasi rentan berjerawat, jadi gunakan produk perawatan kulit yang memiliki label bebas minyak, non-komedogenik, atau berbasis air.

5. Membersihkan terlalu sering

Membersihkan wajah memang sangat penting, namun berhati-hatilah agar tidak berlebihan. Jangan membersihkan wajah lebih dari dua kali sehari karena hal ini justru dapat membuat kulit menjadi kering. Ketika kulit kering, kelenjar minyak justruk akan mengeluarkan lebih banyak sehingga dapat menimbulkan jerawat.

6. Pengaruh makanan

Apa yang Anda makan juga akan mempengaruhi kondisi kulit Anda. Dilansir dari self.com, makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan insulin yang memicu hormon pria yang dapat menghasilkan minyak. Selain itu, pada beberapa orang yodium yang terdapat pada kerang, udang, kepiting dapat menimbulkan jerawat jika dimakan berlebihan.

Untuk dapat mengobati jerawat dewasa dengan lebih efektif, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan munculnya jerawat Anda. Selain pengobatan, Anda kemudian dapat menyesuaikan diri dengan meninggalkan hal-hal yang dapat memicu jerawat tersebut.