8 Penyebab Mulut Kering Saat Bangun Tidur yang Jarang Disadari

mulut-kering-bangun-tidur-doktersehat

DokterSehat.Com – Setelah bangun tidur, beberapa orang merasa mulutnya sangat kering dan tidak nyaman. Mulut kering juga bisa menjadi tanda beberapa penyakit berbahaya dan juga kronis. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memahami apa saja penyebab mulut kering saat bangun tidur

Penyebab Mulut Kering Saat Bangun Tidur

Mulut bisa menjadi kering saat bangun tidur karena beberapa hal. Yang paling sering menyebabkan kondisi ini adalah beberapa hal di bawah ini.

  1. Tidur Ngorok

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, setidaknya sekitar 16 persen orang yang ngorok dan 31 persen orang yang mengalami sleep apnea memiliki mulut yang sangat kering. Tidur yang mengorok akan menyebabkan banyak udara keluar dan masuk melalui mulut, dampaknya area mulut menjadi sangat kering.

Kondisi ini bisa diatasi dengan mengatur postur tubuh saat tidur agar tidak mengorok. Selain itu, dengan mengurangi berat badan, mengorok dan sleep apnea yang menyebabkan mulut kering di pagi hari tidak terjadi lagi.

  1. Penuaan Tubuh

Seseorang yang memiliki usia di atas 60 tahun akan mudah mengalami mulut kering saat bangun tidur.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, setidaknya ada sekitar 30 persen orang dengan usia 60 tahun dan 40 persen dengan usia 80 tahun mengalami mulut kering setelah bangun tidur setiap harinya.

Kondisi ini wajar terjadi mengingat beberapa orang menggunakan obat untuk menyembuhkan penyakitnya dan memiliki kondisi medis tertentu. Selain itu, mulut kering juga bisa terjadi pada orang tua yang tidak pernah memenuhi kebutuhan

  1. Efek samping obat

Beberapa jenis obat bisa menjadi penyebab mulut kering saat bangun tidur. Mulut jadi kering karena Anda mengonsumsi beberapa obat untuk mengatasi beberapa penyakit atau masalah kesehatan di bawah ini:

  • Diare yang disebabkan oleh banyak hal.
  • Gangguan tidur.
  • Muntah dan mual.
  • Masalah gangguan mental.
  • Gangguan pada sinus.
  • Tekanan darah tinggi.
  1. Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer bisa menyebabkan gangguan pada tubuh seperti susahnya menghidrasi tubuh. Kalau sampai tubuh kekurangan cairan dan kondisi dehidrasi terjadi, setiap bangun tidur akan terasa perih dan kering di dalam mulut.

Cara mengatasi mulut kering saat bangun tidur adalah dengan menyediakan minuman di dekat penderita Alzheimer. Selain itu, keluarga juga harus membuat jadwal minum yang benar agar kecukupan cairan harian bisa dipenuhi setiap hari.

  1. Diabetes

Seseorang dengan kondisi diabetes bisa mengalami beberapa gangguan pada tubuh saat gula darahnya naik. Selain tubuh terasa lemas, kondisi haus berlebihan juga sering terjadi. Selain itu, kemungkinan terjadi masalah pada tubuh seperti sulit beraktivitas juga bisa terjadi.

Kondisi dehidrasi menyebabkan Anda memiliki mulut yang kering setiap paginya. Selain itu, obat yang digunakan untuk mengatasi gula darah juga memicu air liur di dalam mulut tidak diproduksi dalam jumlah banyak.

  1. Menjalani Terapi Kanker

Seseorang yang menjalani terapi kanker atau menjalani kemoterapi akan mudah sekali mengalami mulut kering.

Kondisi ini umum terjadi pada semua orang yang melakukan perawatan. Tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan. Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah terapi selesai dilakukan. Agar kesehatan mulut tidak mengalami penurunan, ada baiknya untuk rutin menjaganya.

  1. Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol menyebabkan beberapa masalah pada tubuh seperti menurunkan daya tahan dan juga menyebabkan penyakit kronis lainnya. Selain itu, kandungan racun di dalam rokok dan alkohol juga bisa merusak kesehatan mulut karena memicu kondisi kering setiap pagi.

  1. Penggunaan Obat Terlarang

Penyebab mulut kering saat bangun tidur adalah mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Beberapa jenis obat terlarang seperti ekstasi dan heroin bisa menyebabkan saliva atau air liur di dalam mulut jumlahnya berkurang dan akhirnya saat bangun tidur, mulut terasa sangat kering dan tidak nyaman.

Penggunaan obat terlarang secara berlebihan akan membuat kesehatan mulut jadi sangat menurun. Itulah kenapa beberapa orang yang terlibat dengan penyalahgunaan obat ini cenderung memiliki gigi yang buruk seperti ompong atau banyak yang keropos akibat pengaruh obat khususnya keasaman.

Kondisi Mulut Kering yang Berbahaya

Mulut kering ternyata bisa memicu banyak masalah kalau dibiarkan begitu saja. Kalau mulut Anda sering kering setiap hari, perlu waspada. Berikut ini beberapa kondisi mulut kering yang berbahaya:

  • Susah makan dan nutrisi yang dimiliki jadi rendah. Kalau terjadi pada anak-anak gizi buruk bisa saja terjadi.
  • Komplikasi pada gigi termasuk masalah gusi yang berdarah hingga pengeroposan dan menyebabkan gigi jadi berlubang.
  • Mengalami masalah psikologi seperti anxiety dan stres.
  • Penurunan kemampuan lidah dalam merasakan sesuatu.

Mulut kering yang terjadi pada seseorang biasanya ditandai juga dengan beberapa gejala. Ini gejala mulut kering:

  • Nyeri di tenggorokan dengan intensitas ringan ke parah.
  • Mulut terasa panas dan seperti terbakar. Kondisi ini membuat Anda tidak nyaman saat melakukan aktivitas.
  • Sulit dalam menelan makanan meski sudah dikunyah hingga lunak.
  • Suara akan mengalami perubahan seperti agak serak atau malah hilang dan sulit didengar.
  • Area hidung akan terasa kering dan sulit bernapas.

Itu dia ulasan singkat mengenai penyebab mulut kering saat bangun tidur. Jadi, ada baiknya mulai sekarang lebih waspada dengan kondisi kesehatan Anda, ya!