Sering Migrain? Kenali Beberapa Penyebabnya Berikut ini

doktersehat-gejala-migrain

DokterSehat.Com– Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala sebelah? Sakit kepala sebelah atau yang biasa disebut dengan migrain memang kerap dialami oleh banyak orang. Migrain disebabkan oleh pikiran yang terlalu stres dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Seringkali, ketika migrain menyerang, seseorang tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun karena sangat menyakitkan. Untuk itu, diperlukan cara untuk mengatasinya, baik dengan cara minum obat atau terapi lainnya. Akan tetapi, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Untuk mencegah migrain, Anda harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang bisa menyebabkan migrain sehingga Anda bisa menghindarinya. Berikut adalah beberapa pemicu migrain yang wajib Anda ketahui, diantaranya:

1. Mengonsumsi Makanan Asin dan Gurih

Tidak sedikit orang yang menyukai makanan asin dan gurih karena sangat menggugah selera. Jenis makanan asin dan gurih yang banyak digemari adalah gorengan, keripik, kerupuk, dan masih banyak lainnya. Padahal, makanan tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan, sebab dapat mempengaruhi tekanan darah. Akibat dari tekanan yang meningkat tersebut, maka akan mengakibatkan migrain. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengurangi konsumsi makanan asin dan gurih agar Anda tidak mengalami migrain.

2. Pemanis Buatan

Makanan manis yang mengandung gula memang tidak baik untuk kesehatan, sebab dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes dan obesitas. Sehingga, tidak sedikit yang mengganti gula dengan pemanis buatan karena dianggap lebih baik dari gula. Padahal, pemanis tambahan juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya itu, minuman sachet yang megandung pemanis buatan seperti aspartam dapat memicu risiko migrain. Seorang ahli saraf dari Northwetern Memorial Hospital mengatakan bahwa pemanis buatan menurunkan kadar serotonin dalam tubuh. Hal tersebut akhirnya menyebabkan pelepasan neuropeptida dan reaksi migrain.

3. Melewatkan Jadwal Makan

Aktivitas pekerjaan yang sangat padat, seringkali membuat Anda melewatkan jadwal makan. Terkadang, Anda hanya makan sekali dalam sehari, bahkan sampai lupa untuk makan. Sebaiknya, mulai sekarang Anda harus mengubah kebiasaan buruk tersebut. Sebab, melewatkan jadwal makan dapat menurunkan kadar gula darah dan dapat menyebabkan perubahan kimiawi dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan migrain.