Terbit: 21 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan Anda dalam menurunkan berat badan adalah metabolisme. Metabolisme merupakan proses alami tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi. Nah, energi tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

gangguan-kecemasan-doktersehat

Ketika metabolisme berjalan dengan lancar, maka proses penurunan berat badan akan berjalan lancar juga, begitupun sebaliknya. Oleh karenanya, faktor penting dalam penurunan berat badan adalah memerbaiki metabolisme di dalam tubuh.

Namun, tidak semua orang memiliki proses metabolisme yang lancar. Berikut adalah beberapa faktor penyebab dari menurunnya proses metabolisme dalam tubuh, diantaranya:

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon bisa memengaruhi jalannya metabolisme. Adanya perubahan hormon memperlambat penggunaan energi dalam tubuh sehingga tubuh mudah lelah. Selain itu, penyakit hormonal seperti tiroid terlalu aktif atau kurang aktif juga bisa memengaruhi metabolisme.

2. Susah Tidur

Normalnya, seseorang membutuhkan waktu untuk tidur sedikitnya 5 hingga 8 jam sehari. Jika kurang tidur, maka dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya adalah menurunnya proses metabolisme dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ketika sulit tidur dan makan di malam hari, maka tubuh akan lebih susah untuk membentuk kalori menjadi energi. Sehingga, Anda akan mudah terserang penyakit diabetes dan obesitas.

3. Pola Diet yang Salah

Berhati-hatilah dalam memilih dan menerapkan pola diet. Sebab, pola diet yang salah akan berdampak buruk pada proses metabolisme. Hal ini dikarenakan tubuh tidak cukup menerima asupan makana sehingga akan sulit untuk membentuk energi. Ditambah lagi dengan aktivitas olahraga yang memakan energi cukup banyak.

4. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang mengandung lemak tinggi sebaiknya dihindari, khususnya bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, makanan tinggi lemak dapat mengubah metabolisme tubuh sehingga membuat Anda menjadi semakin gemuk.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi