Awas, Terlalu Banyak Karbohidrat Bisa Mempercepat Menopause

doktesehat makanan dibatasi saat lebaran
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Menopause adalah sebuah masa berakhirnya siklus menstruasi bagi wanita. Menopause sendiri disebabkan oleh berubahnya kadar hormon pada tubuh. Menopause sendiri akan dialami oleh setiap wanita. Umumnya, menopause terjadi ketika wanita sudah berusia lanjut, sekitar 50 tahun ke atas. Namun, tidak menutup kemungkinan juga wanita akan mengalami menopause dini sebelum usia tersebut.

Tentunya menopause dini adalah sebuah hal yang ditakuti oleh sebagian besar wanita. Sebab, ketika sudah memasuki masa menopause, wanita akan merasa dirinya sudah sangat tua sehingga menjadikan seluruh aktivitas menjadi terbatas. Selain itu, ketika sudah memasuki menopause, aktivitas seksual pun menjadi terganggu.

Nah, untuk menghindari terjadinya menopause dini, alangkah baiknya untuk mengetahui apa saja penyebabnya. Sebab, dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengantisipasi sedini mungkin.

Dikutip dari hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology & Community Health, menyebutkan bahwa menopause dini bisa dialami oleh wanita di usia yang masih muda, sekitar 30 sampai 40 tahun. Padahal usia tersebut masih terbilang sebagai usia yang cukup produktif.

Penyebab utama menopause adalah faktor makanan. Lebih jelas lagi, ada satu kandungan yang membuat menopause datang lebih cepat, yakni karbohidrat. Oleh karenanya, dianjurkan bagi setiap wanita untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat agar menopause dini tidak datang.

Penelitian itu melakukan survei kepada sekitar 300 responden yang diambil sampel pola makannya. Alhasil, wanita yang sangat banyak kandungan karbohidrat di dalam tubuhnya mengalami menopause sangat cepat, bahkan beberapa tahun sebelum waktu normal.

Begitu pula sebaliknya, wanita yang menjaga pola makan dan selalu mengonsumsi makanan sehat, bisa menunda menopause sampai beberapa tahun ke depan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa menjaga pola makan adalah hal paling penting untuk mencegah datangnya menopause dini.

Tidak terbatas itu saja. Pasalnya, selain mengatur pola makan, dianjurkan pula untuk rutin berolahraga agar sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi lancar. Ketika semua organ di dalam tubuh berjalan normal, maka Anda akan terhindar dari menopause dini.