Penyebab Mata Sembap dan Cara Mengatasinya

DokterSehat.Com – Salah satu masalah yang sering dialami perempuan pada bagian matanya adalah kantung mata atau yang dikenal dengan mata sembap (puffines). Mata sembap adalah kantung hitam di bawah mata yang terjadi karena berbagai alasan, termasuk karakter wajah yang diwariskan, alergi, stres, kelelahan mata dan karakteristik kulit individu. Kondisi ini memang sangat mengganggu penampilan, terutama para wanita. Biasanya, penyebab mata sembap karena terlalu lelah dan kurang waktu istirahat.

Penyebab Mata Sembap

Berikut ini penyebab mata sembap yang jarang Anda sadari:

1. Menangis

Menangis terlalu lama bisa menjadi penyebab mata bengkak karena pengumpulan cairan air mata yang terlalu banyak pada kantung mata bagian dalam. Cairan air mata memang mengandung garam yang berpotensi menyebabkan mata menjadi sembap karena sifat garam yang menyerap air dalam tubuh.

Baca juga: Penyebab Mata Bengkak Setelah Menangis

2. Asinan

Terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan asinan juga dapat menjadi pemicu terjadinya mata sembap. Tingginya kadar garam dalam makanan asinan akan menyebabkan penyerapan cairan tubuh dan mengumpulkannya pada kantung mata bagian bawah.

3. Gangguan peredaran darah

Gangguan peredaran darah pada pembuluh darah sekitar daerah mata juga bisa menyebabkan mata sembap. Aliran peredaran darah yang tidak tersirkulasi sempurna akan menyebabkan pasokan oksigen terganggu atau berkurang, sehingga pernapasan kulit sekitar mata menjadi terganggu.

4. Obat tetes mata

Kandungan obat tetes mata yang mengandung steroid juga dapat menyebabkan mata menjadi bengkak. Kandungan steroid dalam obat mata bisa memberikan tekanan kuat pada bola mata, dan membuat mata menjadi tegang. Mata yang tegang ini mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah di kulit sekitar mata menjadi meningkat sehingga membuat mata terlihat sembap dan bengkak.

5. Kelelahan mata

Terlalu banyak menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer dalam keadaan kurangnya pencahayaan dan tingginya konsentrasi otak dan mata akan menyebabkan kelelahan mata karena mata terlalu bekerja keras atau berakomodasi maksimum. Apabila dibiarkan maka lama kelamaan juga dapat menyebabkan mata menjadi sembap dan bengkak.

6. Kurang istirahat dan gangguan penyakit

Kurangnya istirahat juga dapat menjadi pemicu teradinya mata sembap, namun biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah melakukan istirahat terbaik yaitu tidur. Gangguan penyakit kronis yang sudah semakin parah terutama gangguan kesehatan pada organ hati dan jantung juga dapat memicu terjadinya mata sembap.

Baca juga: Mengatasi Mata Panda dengan Minyak Esensial

Cara Menghilangkan Mata Sembap

Berikut cara menghilangkan mata sembap yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Gunakan anti-inflamasi

Oleskan krim anti-inflamasi di sekitar kelopak mata Anda. Krim wasir juga agen anti-inflamasi yang dapat mengurangi mata sembap. Dengan lembut oleskan krim di sekitar tulang orbital di bawah mata. Pastikan krim tidak mengenai mata, karena ini dapat menyebabkan iritasi.

2. Kompres dingin

Tekan mata sembap secara lembut menggunakan benda dingin. Taruh es di handuk lembut dan tekan ke area mata sembap. Jika tidak ada es, Anda bisa menggunakan sendok yang sudah didinginkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bungkus dengan kertas dan tekan pada kantung mata yang sembap. Sensasi dingin akan mengurangi pembengkakan dan menenangkan rasa sakit.

Ingat bahwa es atau benda beku tidak boleh bersentuhan langsung dengan kulit Anda. Selalu pastikan ada penghalang seperti serbet kertas atau kain.

3. Gunakan mentimun

Taruh irisan mentimun dingin di area mata sembap. Anda harus menyandarkan kepala di bantal dan diam untuk beberapa saat, tetapi irisan mentimun dingin adalah cara yang menyenangkan dan santai untuk mengurangi mata sembap. Mentimun memiliki asam askorbat yang diperkirakan dapat mengurangi iritasi, dan pilek juga akan membantu pembengkakan.

Caranya:

  • Potong dua iris mentimun
  • Sandarkan kepala setengah berbaring
  • Letakkan irisan mentimun di atas kelopak mata
  • Biarkan setidaknya selama sepuluh menit
  • Buang dan bersihkan wajah

Baca juga: Ragam Natural Eye Mask yang Ampuh Segarkan Mata

4. Gunakan kentang

Gunakan irisan kentang di area mata yang bengkak. Kentang memiliki enzim yang disebut catecholase yang diduga mengurangi retensi air di sekitar mata Anda. Taruh irisan kentang tipis di atas kalopak mata dan biarkan selama 10 menit sebelum mengangkat dan mencuci muka.

Demikian beberapa penyebab mata sembap dan cara menghilangkannya. Segera lakukan tindakan penanganan karena bagaimanapun juga mata merupakan pusat perhatian penampilan wajah. Mata yang tidak terlihat menarik secara tidak langsung akan berpengaruh juga terhadap penampilan secara keseluruhan.