Terbit: 6 Januari 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Area sekitar mata yang tampak menghitam atau biasa disebut sebagai ‘mata panda’ memiliki sejumlah penyebab. Cari tahu apa saja yang menyebabkan timbulnya mata panda berikut ini beserta cara mengatasinya.

13 Penyebab Mata Panda & Cara Mengatasinya

Apa Itu Mata Panda?

Mata panda adalah kondisi di mana terdapat lingkaran berwarna kehitaman pada sekeliling mata.

Memiliki mata panda membuat tampilan wajah seseorang jadi kurang menawan, selain tampak tua dan tidak segar tentunya. Masalah kesehatan ini bisa terjadi pada siapa saja, tak peduli pria maupun wanita, tua ataupun muda.

Kurangnya waktu tidur kerap dikaitkan dengan kemunculan lingkaran hitam pada area sekeliling mata alias mata panda. Kendati hal ini benar adanya, faktanya mata panda juga bisa diakibatkan oleh sejumlah faktor lainnya mulai dari genetik hingga adanya suatu penyakit.

Penyebab Mata Panda

Apakah Anda pernah atau bahkan saat ini sedang mengalami kondisi mata panda? Jika ya, maka simak informasi penyebab mata panda berikut ini!

1. Kurang Istirahat

TIdak bisa dipungkiri, waktu istirahat—khususnya tidur—yang kurang dari kata ideal merupakan penyebab mata panda yang cukup umum.

Mengapa kurang tidur dapat menyebabkan timbulnya mata panda? Jawabannya tak lain karena kebiasaan ini membuat aliran darah tidak lancar dan menggumpal, termasuk di daerah sekeliling mata.

Nah, oleh karena kulit pada area mata tergolong tipis, gumpalan darah tadi dapat terlihat dari luar. Inilah yang kemudian disebut sebagai mata panda.

2. Terlalu Lama Menatap Layar Komputer atau Handphone

Masih seputar faktor gaya hidup, penyebab mata panda selanjutnya adalah kebiasaan menatap layar komputer maupun handphone dalam waktu yang cukup lama.

Pasalnya, menatap layar komputer dapat menyebabkan mata menjadi tegang yang lantas berdampak pada pembesaran pembuluh darah di sekeliling mata. Manakala pembuluh darah mengalami pembesaran, kulit di area sekitar mata pun akan terlihat menghitam.

3. Paparan Sinar Matahari

Selain sinar layar komputer dan handphone, sinar matahari juga menjadi penyebab mata panda yang Anda alami.

Hal ini dikarenakan sinar matahari merangsang kulit tubuh untuk memproduksi zat pewarna yang disebut sebagai melanin. Nah, melanin inilah yang membuat kulit menjadi tampak lebih gelap dari biasanya.

Ditambah lagi, paparan sinar matahari menyebabkan pecahnya kolagen yang menyebabkan kulit mengalami penipisan. Alhasil, pembuluh darah jadi lebih terlihat.

4. Kekurangan Cairan (Dehidrasi)

Kekurangan cairan atau dehidrasi tak luput dari daftar penyebab mata panda.

Tubuh yang kekurangan cairan ditengarai mengakibatkan tidak lancarnya aliran darah hingga berujung pada sejumlah kondisi, tidak terkecuali mata panda ini.

Oleh karena itu, sudah selayaknya Anda senantiasa mencukupi asupan cairan setiap hari guna terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini.

5. Reaksi Alergi

Timbulnya mata panda ternyata bisa jadi merupakan reaksi alergi, lho.

Saat sistem kekebalan tubuh ‘salah’ mendeteksi zat asing yang masuk, tubuh akan meresponnya dengan melepaskan senyawa histamin. Nah, pelepasan senyawa histamin inilah yang menghasilkan reaksi alergi, salah satunya pembesaran pembuluh darah.

Apabila pembesaran pembuluh darah mencakup area di sekitar mata, maka yang terjadi kemudian adalah timbulnya mata panda.

6. Minum Alkohol dan Merokok

Anda yang gemar mengonsumsi minuman mengandung alkohol dan merokok juga sangat dimungkinkan untuk memiliki mata panda jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus.

Minuman beralkohol dan rokok dalam jangka panjang disebut-sebut dapat menghambat laju aliran darah, tak terkecuali di area wajah. Inilah yang lantas menjadikan mata panda sebagai hal yang umum dialami oleh para pecandu minuman mengandung alkohol dan rokok.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai dari sekarang Anda menghindari konsumsi alkohol dan rokok jika tak ingin wajah terlihat tidak segar hanya karena adanya mata panda.

7. Faktor Keturunan (Genetik)

Mata panda juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor alamiah yang membuatnya tidak bisa—atau setidaknya sulit—untuk dihilangkan.

Salah satu dari penyebab mata panda seperti ini adalah faktor keturunan (genetik). Penelitian pun telah menunjukkan bahwasanya orang yang memiliki mata panda sangat berpotensi untuk menurunkannya pada anggota keluarga lainnya.

8. Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit juga akan mengalami penipisan.

Akibat dari semakin menipisnya kulit tersebut—termasuk kulit wajah—kecenderungan pembuluh darah terlihat akan semakin besar. Pada kulit wajah tepatnya di sekitar mata, hal ini berdampak pada munculnya lingkaran hitam atau mata panda.

Oleh sebab itu, mata panda sangat umum dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut.

Masih ada lagi kondisi-kondisi yang menjadi penyebab mata panda, yaitu:

  • Kekurangan darah (anemia)
  • Defisiensi jaringan lemak di sekitar mata
  • Gangguan kelenjar tiroid
  • Terapi penyembuhan penyakit glaukoma (bimatoprost)
  • Dermatitis

Baca Juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah dan Ampuh

Cara Menghilangkan Mata Panda (Alami)

Mata panda umumnya bukanlah merupakan suatu kondisi yang berbahaya, namun tetap saja hal ini akan sangat mengganggu terutama penampilan wajah.

Mata panda dapat diatasi dengan sejumlah macam cara. Berikut ini adalah cara menghilangkan mata panda yang dapat Anda coba di rumah.

1. Facial

Cara menghilangkan mata panda yang pertama adalah dengan melakukan facial wajah.

Ya, memberi pijatan pada area sekitar mata dapat membantu melancarkan peredaran darah yang tersumbat sebagai penyebab timbulnya mata panda.

2. Kompres Air DIngin

Menggunakan medium air dingin juga menjadi cara mengatasi mata panda lainnya yang cukup efektif.

Anda bisa mengkompres area sekeliling mata yang menghitam dengan ice bag atau cukup dengan handuk kecil yang sudah dibasahi oleh air dingin.

Lakukan cara ini secara rutin sampai mata panda benar-benar menghilang.

3. Kantong Teh

Selain dengan air dingin, kantong teh juga bisa memberikan manfaat yang sama yakni mampu menghilangkan mata panda. Hal ini dikarenakan daun teh memiliki sifat antioksidan yang efektif membantu melancarkan peredaran darah.

Cara menggunakan kantong teh untuk menghilangkan mata panda adalah dengan menempelkannya pada area sekeliling mata yang tampak gelap, kemudian diamkan dulu selama beberapa saat sebelum membersihkannya dengan air.

4. Timun

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah mentimun atau timun menjadikannya medium yang efektif untuk menghilangkan mata panda.

Tak hanya itu, timun juga diperkaya oleh silica yang terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan jaringan pada kulit wajah.

5. Istirahat yang Cukup

Timbulnya mata panda salah satunya diakibatkan oleh kurangnya waktu istirahat.

Maka dari itu, cara mengatasi mata panda adalah dengan mulai menerapkan pola tidur yang benar. Jika Anda mampu menerapkan cara ini secara konsisten, mata panda pun dijamin akan hilang.

Cara Menghilangkan Mata Panda (Medis)

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah prosedur medis guna mengatasi masalah panda, yaitu:

  • Krim topikal (hydroquinone, tretinoin, dsb.)
  • Asam kojik
  • Asam azelaik
  • Asam glikolat
  • Terapi laser

Pada kasus yang lebih parah, pengobatan mata panda mungkin memerlukan tindakan operasi yang disebut blepharoplasty.

Itu dia informasi mengenai penyebab mata panda dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. Dark Circles under Eyes. https://www.mayoclinic.org/symptoms/dark-circles-under-eyes/basics/definition/sym-20050624 (Diakses pada 6 Desember 2019)
  2. Frothingham, S. 2018. How to Get Rid of Dark Circles Permanently. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-dark-circles-permanently (Diakses pada 6 Desember 2019)
  3. Sissons, B. 2019. What Causes Dark Circles Under the Eyes? https://www.medicalnewstoday.com/articles/325989.php (Diakses pada 6 Desember 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi