Penyebab Mata Bengkak Setelah Menangis

doktersehat-flu-mata-berair

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, setelah kita menangis, mata akan terlihat sembap atau membengkak. Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana mata bisa menjadi bengkak padahal air mata sudah kita keluarkan saat menangis. Berikut adalah penjelasannya.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bengkaknya mata setelah menangis ini memang disebabkan oleh air mata. Namun, banyak yang tidak tahu jika ada 3 jenis air mata yang diproduksi oleh kelenjar lakrimalis, kelenjar yang memproduksi air mata tersebut. Jenis air mata tersebut adalah air mata basal, air mata refleks, dan air mata emosional.

Air mata basal memiliki fungsi untuk menjaga mata agar tidak kering. Sementara itu, air mata refleks akan keluar jika mata kemasukan benda asing seperti debu atau serangga. Air mata emosional akan diproduksi saat ada rangsangan emosi baik itu saat sedang sedih, marah, atau sedang sangat bahagia. Air mata yang dipicu oleh rangsangan emosi inilah yang cenderung diproduksi dalam jumlah yang banyak dan akan terus keluar jika kita masih mengalami emosi tersebut.

Meskipun kita sudah berhenti menangis, kadangkala masih ada emosi yang tertinggal di dalam tubuh dan tetap merangsang produksi air mata tersebut. Sayangnya, air mata ini tidak lagi keluar namun akan diserap oleh jaringan kulit di sekitar mata sehingga akhirnya membuatnya sembab atau bengkak. Tak hanya itu, emosi yang kita luapkan ternyata mempengaruhi kinerja otak yang memerintahkan peningkatan aliran darah menuju wajah. Karena alasan inilah wajah kita cenderung menjadi lebih merah saat sedang menangis.

Jika anda ingin segera menghilangkan mata sembab karena tidak ingin ketahuan baru saja menangis, kita bisa memberikan kompres es batu yang sudah dibungkus dengan kain, menggunakan potongan mentimun yang ditempelkan pada mata sembari beristirahat, dan menempelkan kantung teh celup bekas.