Penyebab Masalah Asam Urat Hanya Karena Makanan?

emping-asam-urat-doktersehat
Photo Source: konsultasiusaha.com

DokterSehat.Com– Penyakit asam urat atau gout disebabkan oleh kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Hal ini akan memicu penumpukan kristal asam urat di area persendian. Yang menjadi masalah adalah, kristal ini runcing dan bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri, pembengkakan, sensasi panas, hingga kemerahan pada persendian yang bisa membuat pengidap masalah asam urat┬ásangat menderita.

Kebanyakan orang menganggap masalah asam urat hanya dipicu karena konsumsi makanan tertentu. Dalam realitanya, beberapa jenis makanan memang memiliki kadar asam urat yang sangat tinggi. Makanan-makanan tersebut adalah makanan laut seperti kerang, udang, atau kepiting, jeroan seperti hati dan usus, hingga beberapa jenis sayuran seperti bayam, atau camilan seperti emping. Berbeda dengan sayuran yang tidak begitu memberikan efek yang berbahaya, konsumsi makanan laut atau jeroan terlalu sering bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi masalah asam urat.

Yang tidak diketahui banyak orang adalah, selain makanan, ada hal lain yang juga bisa menyebabkan masalah kolesterol tinggi, tepatnya kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman yang sering dianggap sebagai pelarian masalah atau teman untuk mengobrol ini ternyata bisa memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah dan akhirnya memicu gout. Alkohol juga bisa menyebabkan datangnya dehidrasi, salah satu penyebab lain yang bisa menjadi penyebab masalah asam urat.

Penyebab dehidrasi lain adalah kebiasaan tidak mencukupi kebutuhan air minum dengan cukup. Seringkali, hal ini terjadi pada mereka yang terlalu sibuk bekerja sehingga sampai lupa untuk minum air putih. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi minuman manis yang kaya akan kandungan fruktosa juga bisa menyebabkan naiknya risiko terkena masalah asam urat.

Selain makanan atau minuman, konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab datangnya masalah asam urat. Sebagai contoh, penderita obat hipertensi atau obat yang ditujukan untuk mengobati masalah gagal jantung ternyata juga bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan gout. Selain itu, konsumsi aspirin dengan dosis yang rendah juga bisa menjadi pemicunya. Karena alasan inilah penderita asam urat harus selalu bertanya tentang masalah kesehatannya kepada dokter agar bisa mendapatkan obat yang tepat.