Awas, Ini 4 Hal Sepele yang Sebabkan Porsi Makan Malam Berlebihan!

doktersehat-makan-enak-jelang-puasa
Photo Credit: Flickr.com/Amy

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda menyadari seberapa besar porsi makan Anda saat makan malam? Atau Anda merasa bahwa makan malam Anda sering berlebihan porsinya?

Jika iya, maka tentu hal ini bukanlah kebiasaan makan yang baik, ya, karena seperti yang sering kita dengar, porsi makan malam yang terlalu banyak memang dapat menyebabkan berat badan naik.

Porsi makan yang besar saat makan malam, ternyata bisa disebabkan oleh cukup banyak hal sepele, yang sering tidak kita sadari dapat membuat porsi makan kita jadi lebih banyak.

Bahaya konsumsi makan malam berlebihan

Makan malam merupakan kebiasaan makan yang sehat. Rutin melakukan makan malam dapat memberikan asupan energi dan gizi yang baik untuk tubuh pasca beraktivitas, mengontrol gula darah, hingga mencegah berat badan naik.

Akan tetapi, hal ini tentu akan terjadi jika makan malam dilakukan pada waktu, pemilihan jenis dan porsi yang tepat.

Makan malam yang tidak dipilih jenis dan dikontrol porsinya berisiko membuat porsi makan malam jadi berlebihan.

Hal ini tentu bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh, apalagi tubuh yang akan beristirahat di malam hari bisa mengalami beberapa hal yang disebabkan oleh porsi makan malam yang berlebihan, diantaranya:

  • Metabolisme tubuh menjadi lebih berat dan menyebabkan zat gizi tidak dicerna sempurna
  • Penyimpanan lemak tubuh dari makanan menjadi lebih banyak, karena zat gizi tidak dimetabolisme sempurna, dan
  • Berat badan naik, karena penyimpanan lemak meningkat

Lantas, apa saja kebiasaan yang membuat porsi makan malam menjadi berlebihan?

Umumnya, makan malam menjadi waktu makan yang lebih khusus karena, dilakukan setelah selesai melakukan aktivitas harian, sehingga menu yang disajikan atau dipilih biasanya adalah menu yang cukup spesial.

Hal ini, tentu bisa berpengaruh pada porsi makan kita yang menjadi lebih besar saat makan malam. Akan tetapi, ternyata masih bukan hanya itu saja lho penyebab porsi makan malam kita menjadi berlebihan.

Penasaran apa saja yang bisa menyebabkan makan malam Anda jadi berlebihan porsinya?

Berikut 4 hal sepele yang menyebabkan makan malam menjadi dikonsumsi berlebihan porsinya:

1. Melewatkan makan siang atau camilan sore

Tidak melakukan makan siang atau ngemil di sore hari, akan membuat pencernaan menjadi lebih lama kosong. Hasilnya, tentu saja tubuh menjadi sangat lapar.

Hal ini membuat nafsu makan kita menjadi lebih besar saat makan malam dan tentu membuat kita kesulitan mengontrol porsi makan, sehingga porsi makan malam rentan berlebihan.

2. Hanya memilih makanan yang kaya rasa, namun rendah serat

Photo Credit: Flickr.com/rob_rob2001

Menu makan malam yang diolah dengan metode goreng, tambahan bumbu kemasan, garam, atau gula, memang nikmat.

Akan tetapi, menu makanan tersebut dapat membuat tubuh jadi ingin makan lebih banyak dan lambat merasa kenyang, apalagi jika bahan makanan yang dipilih adalah makanan yang berkarbohidrat dan protein, tanpa diimbangi dengan makanan yang berserat seperi sayur atau kacang-kacangan.

3. Waktu makan malam terlalu larut

Makan malam terlalu larut, selain kurang baik untuk kesehatan, dapat menyebabkan kita jadi makan terlalu banyak. Hal ini disebabkan rentang waktu makan yang terlalu lama, sehingga nafsu makan semakin besar dan kita akan sulit mengontrol porsi makan.

4. Ngemil makanan kemasan sebelum makan malam

Ngemil makanan kemasan, yang banyak mengandung natrium atau bumbu buatan lainnya, bisa membuat nafsu makan menjadi naik. Mirip dengan poin-poin di atas, nafsu makan yang tinggi akan membuat kita ingin makan tanpa mampu mengontrol porsinya.