5 Penyebab Sering Bangun Tidur dalam Kondisi Lelah

lelah-setelah-tidur-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu manfaat dari tidur adalah mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah digunakan selama seharian penuh. Dengan tidur dengan nyenyak, esok pagi Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih relaks, nyaman, dan pikiran jadi lebih segar. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat dari tidur ini.

Beberapa orang yang tidur masih sering mengalami masalah. Saat bangun tidur, tubuh yang seharusnya lebih nyaman malah terasa lelah. Anda bahkan tidak bisa memiliki pikiran yang jernih sehingga aktivitas harian mengalami gangguan. Nah, kira-kira apa saja yang menyebabkan masalah ini?

Penyebab lelah saat bangun tidur

Bangun tidur dalam kondisi lemas dan lemah tidak terjadi begitu saja. Ada banyak hal yang bisa memicu kondisi ini sehingga Anda bisa menyimaknya dan siapa tahu bisa menghindarinya.

  1. Sleep inertia

Gangguan ini sebenarnya wajar dan dialami oleh banyak orang. Saat bangun tidur dengan kondisi yang tidak tepat seperti dibangunkan atau mendekati waktu kerja, Anda akan langsung bingung dan akhirnya pusing. Kondisi ini bisa membuat Anda lelah secara instan meski efeknya hanya sementara saja.

Kondisi bernama sleep inertia ini akan hilang dengan sendirinya setelah 30-45 menit. Masing-masing memiliki keunikan sendiri dalam mengatasi sleep inertia. Oh ya, kondisi ini mudah sekali dialami oleh Anda yang sering dibangunkan alarm karena kaget atau tidurnya kurang. Oleh karena itu perhatikan dengan baik jam tidur agar tidak harus bangun karena alarm. Kalau Anda bisa bangun dengan sendiri, kondisi pusing dan lelah tidak akan terjadi.

  1. Paparan cahaya biru

Di dunia ini ada dua tipe orang dilihat dari kondisi lampu kamarnya. Ada yang tidak bisa tidur dan merasa sesak kalau lampunya dimatikan. Namun, ada juga yang hanya bisa tidur kalau lampunya mati. Kalau Anda bisa tidur dalam kondisi lampu mati, berarti tidak akan mengalami masalah ini. Namun, kalau sebaliknya peluang bangun tidur dalam kondisi lelah akan besar.

Penyebab utama Anda lelah adalah tidak bisa tidur dengan nyenyak. Cahaya yang terang khususnya yang memancarkan warna bisa membuat seseorang lebih terjaga. Kalau Anda ingin tetap bisa tidur dengan baik, gunakan lampu yang jauh lebih redup. Selanjutnya, hindari asyik dengan ponsel atau laptop yang memancarkan cahaya biru.

  1. Tempat tidur yang tidak nyaman

Tempat tidur yang tidak nyaman bisa membuat kualitas istirahat jadi anjlok. Itulah kenapa sebelum tidur kita disarankan membersihkan kamar tidur agar tidak gatal. Selanjutnya mengganti seprai secara rutin juga kewajiban yang harus dilakukan.

Di beberapa kota udara di dalam kamar sangat pengap dan panas, kalau tidur tanpa pendingin ruangan, peluang Anda bisa tidur dengan nyenyak sangat kecil. Oleh karena itu, selalu tidur di lingkungan yang bersahabat agar saat bangun tidak pusing dan lelah.

  1. Kebiasaan makan yang buruk

Kebiasaan makan yang buruk juga bisa menyebabkan Anda bangun tidur dalam kondisi yang lelah. Misal sebelum tidur makan terlalu banyak dan akhirnya kekenyangan. Selanjutnya sebelum tidur banyak minum kopi dan alkohol. Kebiasaan seperti ini melambatkan pencernaan dan memicu begah dan kondisi tidak nyaman saat tidur.

  1. Gangguan tidur

Beberapa orang mengalami gangguan tidur yang cukup parah. Beberapa gangguan tidur menyebabkan beberapa orang mengalami lelah setelah bangun tidur setiap harinya. Oh ya, gangguan tidur yang sering sekali menyebabkan masalah ini adalah sleep apnea dan insomnia.

Kalau Anda memiliki masalah tidur yang parah ada baiknya segera menghubungi dokter. Minta obat atau saran terapi agar kualitas hidup tidak menurun.

Memperbaiki kualitas tidur dengan baik

Salah satu cara untuk mengatasi lelah yang tidak berkesudahan setelah bangun tidur adalah dengan memperbaiki kualitas tidur. Cara yang bisa dilakukan terdiri dari:

  • Menghindari begadang atau sejenisnya kalau memang tidak dibutuhkan. Dalam satu hari kita harus tidur minimal 7 jam. Kalau Anda begadang hingga lewat tengah malam, kemungkinan terjadi penurunan jam tidur akan besar. Dampaknya, Anda akan sering mengalami lelah bangun tidur.
  • Hindari mengonsumsi kopi atau minuman dengan kandungan kafein lainnya terlalu banyak sebelum tidur. Biasanya batas konsumsi kopi ini sekitar 4-5 jam sebelum tidur. Kalau Anda tidur pukul 22.00, usahakan untuk tidak minum kopi setelah lebih dari pukul 18.00. Kalau Anda ingin minum kopi usahakan yang jenis decaf.
  • Jangan makan lebih dari pukul 19.00-20.00 setiap malam,. Kalau Anda makan pada pukul 21.00 dan langsung tidur setelahnya, pencernaan akan mengalami gangguan. Akibatnya perut jadi begah dan kemungkinan tidur tidak nyenyak akan sangat besar. Kalau Anda masih lapar, makan camilan sehat seperti buah.
  • Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Olahraga akan membuat tubuh mudah sekali tertidur karena rasa lelah memaksa untuk beristirahat dengan maksimal.
  • Kalau Anda tidak bisa tidur di dalam ruangan yang gelas, ada baiknya untuk tidur di dalam ruangan yang agak redup. Jangan tidur di ruangan yang terlalu bercahaya apalagi cahayanya biru. Anda akan susah tidur nyenyak dan sering terbangun di tengah malam.
  • Sesekali lakukan yoga atau meditasi. Buat tubuh menjadi lebih relaks sehingga bisa membuat Anda langsung tidur begitu mengantuk.
  • Pastikan tidur di ruangan yang nyaman, tidak kotor, dan udaranya sejuk.
  • Kalau ada gangguan tidur, gunakan obat yang diberikan oleh dokter.

Tidur adalah aktivitas yang sangat penting untuk menunjang kesehatan secara menyeluruh. Itulah kenapa tidur sangat direkomendasikan oleh beberapa praktisi kesehatan selama 7-9 jam setiap harinya. Kalau Anda merasa mengalami masalah tidur dan bangun dalam kondisi lelah, lakukan beberapa cara di atas agar bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.