3 Penyebab Leher Sebelah Kanan Terasa Sakit

doktersehat-leher-tiroid

DokterSehat.Com– Leher merupakan bagian dari anggota tubuh yang rentan cedera dan sakit akibat terlalu banyak bergerak. Anda mungkin pernah mengalami sakit leher, umumnya sakit tersebut terasa pada kedua sisi leher. Namun, terkadang nyeri tersebut hanya menyerang satu sisi saja, yakni bagian kanan.

Apakah Anda pernah mengalami leher kanan terasa sakit? Jika pernah, jangan khawatir. Sebab, kondisi ini memang umum terjadi. Lantas, apa penyebabnya? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab leher kanan terasa sakit.

1. Posisi Tidur Salah

Seringkali, saat bangun tidur Anda merasa seluruh tubuh terasa sakit, terutama paga bagian leher. Hal ini dikarenakan posisi tidur Anda yang tidak biasa atau salah sehingga membuat leher Anda sakit. Selain itu, tidur dengan menggunakan banyak bantal juga menyebabkan leher kanan terasa sakit karena kepala dan leher tidak sejajar dengan bagian tubuh Anda yang lain. Tidak hanya itu, kasur Anda juga perlu diperhatikan. Sebab, jika kasur Anda terlalu lembut maka akan menyebabkan leher Anda mati dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya.

2. Ketegangan Otot

Penyebab lain dari leher kanan terasa sakit adalah karena otot-otot leher Anda menkadi lemah. Jika otot-otot lemah, sendi leher akan menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan sehingga ketika saraf atau otot berputar akan menyebabkan rasa sakit. Kondisi tersebut bisa terjadi jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan komputer atau ponsel dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, juga bisa dikarenakan berkendara jarak jauh yang membatasi ruang gerak leher.

3. Kecemasan atau Stres

Sakit leher tidak hanya disebabkan oleh aktivitas fisik saja, melainkan juga disebabkan oleh faktor psikis juga. Jika Anda mengalami kecemasan atau stres, maka akan menyebabkan otot Anda menjadi kencang, terutama di bagian bahu dan leher sebelah kanan. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya Anda harus bisa lebih bersantai dan berusaha mengembalikan suasana hati Anda agar bisa menjadi lebih tenang.