7 Penyebab Lapar Berlebihan yang Membuat Anda Susah Mengontrolnya

mudah-lapar-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Memiliki rasa lapar adalah hal yang sangat lumrah terjadi pada siapa saja. Saat tubuh mulai kehabisan energi, tubuh akan mulai memberi sinyal agar kita segera makan. Kalau Anda tidak segera makan kemungkinan terjadi gangguan pada tubuh bisa terjadi. Misal perut jadi sakit atau lemas berlebihan.

Meski lapar adalah hal yang normal, pada kondisi tertentu, lapar bisa muncul dengan tidak normal. Meski Anda sudah makan, terkadang lapar juga mulai muncul sehingga Anda makan lagi meski tubuh sebenarnya tidak membutuhkannya. Akhirnya surplus kalori terjadi dan berpotensi sebabkan kegemukan.

Kalau Anda merasa sering lapar tanpa bisa ditahan, bisa jadi beberapa hal di bawah ini adalah penyebabnya.

  1. Diet tertentu

Diet tertentu menyebabkan rasa lapar yang sangat besar. Misal pada diet dengan jenis ketogenic. Diet yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak ini kerap menyebabkan rasa lapar yang hebat. Tubuh mengalami ini karena terbiasa mendapatkan asupan karbohidrat sederhana dan manis dalam jumlah banyak.

Rasa lapar berlebihan yang juga menyebabkan pusing ini biasanya terjadi selama 1-2 minggu saja. Selanjutnya tubuh akan menyesuaikan diri sehingga rasa lapar berlebihan bisa dihindari.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur akan membuat Anda cenderung lemas dan akhirnya mudah sekali lapar. Bahkan setelah makan beberapa kali, tubuh tetap memberikan sinyal untuk makan agar tubuh menjadi nyaman. Kondisi ini biasanya menyerang mereka yang sering insomnia dan akan kembali seperti semula kalau pola tidur kembali menjadi 6-8 jam.

  1. Makan karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana seperti nasi dan juga air gula menyebabkan Anda mudah sekali kenyang. Namun, dalam beberapa jam akan mudah sekali terasa lapar. Rasa lapar ini juga diikuti dengan rasa kantuk yang tinggi. Kendalikan makan nasi terlalu banyak dan minuman yang terlalu manis karena bisa memicu munculnya diabetes

  1. Tidak terpenuhi kebutuhan airnya

Lapar berlebihan dan susah dikendalikan terkadang terjadi karena kebutuhan air harian belum terpenuhi. Kalau Anda merasa lapar berlebihan, coba minum air satu gelas dahulu. Kalau dalam tempo 10 menit laparnya hilang, tubuh hanya mengalami dehidrasi saja.

Penuhi kebutuhan air harian dengan minum 2 liter air atau 8 gelas. Bagi kebutuhan ini mulai dari sarapan hingga sebelum tidur akan terpenuhi semuanya.

  1. Olahraga terlalu keras

Melakukan olahraga terlalu keras tidak baik untuk kesehatan. Pertama, tubuh akan terkura habis kadar airnya. Selain itu, ada kemungkinan energi di dalam tubuh mengalami penurunan sehingga sering sekali terjadi lapar. Lakukan olahraga dengan porsi yang seimbang sehingga setelah olahraga Anda tidak terlalu lemas.

  1. Mengalami stres

Kalau Anda pernah mengalami stres entah karena pekerjaan atau dahulu saat sedang kuliah, nafsu makan biasanya akan meningkat. Makanan dijadikan pelampiasan oleh seseorang agar merasa nyaman dengan kondisinya. Dampaknya, apa saja yang masuk ke dalam tubuh tidak dianggap. Bahkan, meski sudah makan berkali-kali tetap terasa lapar.

  1. Tidak konsentrasi saat makan

Mungkin Anda tidak menduga kalau lapar di tubuh juga dipengaruhi oleh sinyal yang dikirim oleh otak. Kalau Anda makan sambil melihat TV atau film, semua makanan akan masuk dalam jumlah banyak, tapi tidak terasa kenyangnya. Hal ini bisa terjadi karena tubuh tidak merasakan kenyang. Meski sudah makan, Anda akan terus merasa lapar.

Nah, dari beberapa hal di atas, mana saja yang pernah atau sering Anda alami sehingga kalau lapar susah dikontrol? Mulai hari ini mari menjaga pola makan dengan baik agar lapar berlebihan tidak terjadi.